Find Us On Social Media :

Microchip Hadirkan Lini MCU 8 bit Pertama untuk Jaringan CAN FD

By Cakrawala, Senin, 23 November 2020 | 23:30 WIB

Microchip mengumumkan kehadiran lini PIC18 Q84 yang merupakan lini PIC18 pertama untuk jaringan CAN FD.

Microchip belum lama ini mengumumkan kehadiran lini PIC18 Q84 di dunia. Microchip menyebutkan lini PIC18 Q84 merupakan lini PIC18 pertama untuk jaringan CAN FD. CAN FD (CAN flexible data-rate) sendiri adalah protokol tingkat lanjut dari CAN (controller area network). Baik CAN FD dan CAN sama-sama lazim digunakan pada kendaraan. Sebagai versi tingkat lanjut, CAN FD antara lain menawarkan efisiensi yang lebih baik dan memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi. Microchip pun mengklaim kehadiran lini MCU 8 bit untuk jaringan CAN FD itu adalah untuk memenuhi aneka aplikasi otomotif yang terus berkembang sehingga membutuhkan bandwidth lebih tinggi dan data rate yang fleksibel, seperti pada komunikasi dan keamanan. Selain itu, Microchip menambahkan bahwa lini PIC18 Q84 juga mendukung pengembangan ADAS (advanced driver-assistance systems).

“CAN FD akan terus memainkan peran kritis dalam menghadirkan tingkat pengiriman data yang lebih cepat untuk aplikasi, mulai dari mobil yang terhubung ke automasi industri dan rumah pintar,” ujar Greg Robinson (Associate Vice President untuk Pemasaran Unit Bisnis Mikrokontroler Microchip 8-bit). “Microchip melanjutkan penggunaan protokol ini dengan rangkaian MCU PIC 8-bit kami yang terakhir, yang membantu para desainer menciptakan simpul-simpul jaringan hemat biaya berskala besar,” tambahnya.

Tak hanya mendukung CAN FD, Microchip juga menyertakan CIP (core independent peripheral) yang luas pada lini PIC18 Q84 sehingga bisa menekan waktu dan biaya ketika menghubungan suatu sistem ke jaringan CAN FD. CIP adalah periferal yang memiliki kapabilitas tambahan yang bisa menangani berbagai tugas tanpa diperlukannya intervensi dari CPU. Dengan lini PIC18 Q84, Microchip meyakini para desainer otomotif bisa meningkatkan kemampuan dari sistem sembari terkoneksi ke jaringan bekinerja tinggi.

Lini Microchip PIC18 Q84 telah tersedia dan ditawarkan dengan harga mulai dari US$0,78. Seperti biasa, pembeliannya adalah per 10.000 unit.