Find Us On Social Media :

Intel Umumkan Intel Open FPGA Stack yang Bisa Mudahkan Pengembang

By Cakrawala, Selasa, 24 November 2020 | 22:00 WIB

Diagram blok tingkat tinggi sehubungan Intel Open FPGA Stack (Intel OFS).

Intel belum lama ini mengumumkan Intel OFS (Intel Open FPGA Stack) yang ditujukan untuk memudahkan pengembang peranti keras, peranti lunak, dan aplikasi di dunia untuk mengembangkan aneka platform dan solusi FPGA (field-programmable gate array) yang custom; platform dan solusi yang mengakselerasi suatu beban kerja. Intel menyebutkan Intel OFS sebagai suatu infrastruktur peranti keras dan peranti lunak yang source-accessible dan scalable, serta dihantarkan melalui repositori git. Dengan Intel OFS, Intel antara lain menawarkan kode yang modular dan composable yang bisa dimanfaatkan pengembang dalam mengembangkan platform dan solusi custom-nya, tanpa mesti membuat kode dari awal.

"FPGA telah dan terus membolehkan para pengembang untuk menghantarkan peranti keras terkustomisasi dengan daya, kinerja, dan TCO (total cost of ownership) yang optimal untuk aneka beban kerja dari edge ke cloud. Dengan kesuksesan yang terbukti dari para konsumen early-access kami, kami sangat bersemangat untuk meluncurkan Intel Open FPGA Stack, yang mendemonstrasikan kemampuannya untuk secara dramatis, baik untuk mengurangi waktu pengembangan dan juga meningkatkan penggunaan ulang kode dan desain peranti keras untuk para konsumen dan mitra yang berencana mengakselerasi berbagai beban kerja mereka," ujar Dave Moore (Intel Corporate Vice President and General Manager of the Programmable Solutions Group).

Menurut Intel, tantangan pengembangan suatu platform baru menggunakan FPGA untuk mengakselerasi suatu beban kerja berpusat pada seberapa banyak yang dikembangkan dari awal dan seberapa banyak yang menggunakan ulang atau reuse maupun yang menggunakan lisensi. Intel OFS tentunya bisa membantu dalam hal ini karena antara lain bisa meningkatkan penggunaan ulang kode dan desain peranti keras. Intel pun menegaskan bahwa Intel OFS menawarkan kustomisasi, kemudahan portabilitas antara platform Intel FPGA, dan dukungan yang native pada aneka distribusi Linux yang besar.

Intel mengklaim, dengan Intel OFS, ODM (original design manufacturer) bisa segera memulai pengembangan peranti keras mereka yang memanfaatkan FPGA karena menggunakan infrastrutkur yang umum dengan antarmuka yang standar. Selain itu, Intel juga mengklaim pengembang aplikasi bisa mendapatkan manfaat yang lebih dari pengembangan yang mereka lakukan karena mudah dipindahkan antara platfrom Intel OFS yang satu dengan yang lain.