Find Us On Social Media :

Lenovo: Pembelajaran Daring Adalah Solusi Pembelajaran Ideal

By Cakrawala, Rabu, 25 November 2020 | 16:30 WIB

Ilustrasi pembelajaran daring.

Lenovo hari ini menyampaikan pendapatnya mengenai pembelajaran daring alias online. Menurut Lenovo, pembelajaran daring adalah solusi pembelajaran yang ideal pada segala kondisi di Indonesia. Pasalnya, dengan pembelajaran daring, pembelajaran tetap bisa berlangsung meksipun terjadi gangguan yang signifikan yang menghambat pelajar dengan pengajar untuk bertemu secara fisik, seperti bencana alam dan wabah COVID-19. Lenovo menilai letak geografis membuat Indonesia sangat rawan bencana alam, yang seringkali memaksa sekolah membatalkan kelas atau ditutup sementara. Pembelajaran daring menjadi solusi yang ideal bagi sekolah untuk menjaga tahun akademik tidak terganggu dalam menghadapi bencana apa pun. Lenovo pun belum lama ini telah meluncurkan program EdVision yang bisa membantu pihak terkait melakukan peralihan ke pembelajaran daring.

“Di tengah adopsi sekolah terhadap lingkungan belajar yang baru, kami menemukan bahwa banyak yang masih berjuang menemukan sistem pembelajaran yang tepat dan perangkat mana yang akan digunakan dalam mengelola pembelajaran melalui platform online. Dengan EdVision, Lenovo bertujuan untuk menjadi mitra terpercaya sekolah-sekolah di Indonesia dalam perjalanan transformasi digital mereka untuk dapat membekali sekolah dengan infrastruktur yang tepat. Mengedepankan perpaduan sistem pembelajaran tatap muka dan online yang sangat mudah, pembelajaran dapat terus berjalan di tengah kondisi apapun,” ujar Budi Janto (General Manager, Lenovo Indonesia).

Bekerja sama dengan Microsoft, Lenovo mengklaim merancang EdVision untuk mempersiapkan masa depan pendidikan melalui percepatan transformasi digital, sekaligus memperkuat ketahanan sektor tersebut dengan penawaran teknologi pendidikan yang lebih cerdas yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Seperti banyak sektor lain, wabah COVID-19 juga telah mempercepat transformasi digital sektor pendidikan di tanah air. Namun, Lenovo menilai hal itu disertai dengan munculnya kerentanan yang perlu segera diatasi. Lenovo menyebutkan EdVision memungkinkan sekolah yang telah bergabung untuk melaksanakan perjalanan transformasi digital mereka dengan solusi pendidikan dari ujung ke ujung yang inovatif.

Lenovo EdVision misalnya akan mengadakan lokakarya pelatihan dan webinar yang bertujuan untuk mengajarkan kepada pelajar perihal perangkat penunjang produktivitas yang efektif dan efisien. Harapannya, pelajar bisa menggunakan perangkat tersebut bertransisi ke pembelajaran daring dengan optimal. Selain itu, pelajar juga bisa beroleh bekal keterampilan yang akan dibutuhkan untuk berhasil dalam lapangan kerja masa depan.

Sementara, untuk pengajar, Lenovo EdVision akan mengadakan lokakarya pelatihan keterampilan kepemimpinan yang berkelanjutan dan diskon eksklusif untuk produk Lenovo. Untuk pengajar yang memenuhi syarat dalam program Teachers Ambassador, Lenovo akan memberikan fasilitas tambahan pula.