Find Us On Social Media :

Blibli Bagi-bagi Ilmu, Dukung Tenaga Pendidik di Indonesia Terapkan Transformasi Digital

By Indah PM, Sabtu, 28 November 2020 | 11:00 WIB

Blibli #BagibagiIlmu

Sebagai bagian dari rangkaian kampanye program belanja online akhir tahun Blibli Histeria, sekaligus merayakan Hari Guru Nasional pada 25 November lalu, Blibli melakukan gerakan kebaikan bertajuk #BagiBagiIlmu. 

Gerakan ini bertujuan mendukung masyarakat dan tenaga pengajar untuk menerapkan transformasi digital dan memiliki pola pikir digital di tengah masa pandemi. 

Sejak pandemi COVID-19 terjadi, masyarakat mengalami akselerasi transformasi digital dan mengubah cara beraktivitas termasuk dalam cara belajar mengajar.

Otomatis teknologi menjadi medium yang penting untuk mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan ini menciptakan tantangan tersendiri bagi para guru.

"Hal inilah yang menjadi latar belakang Blibli sebagai perusahaan ritel berbasis digital, untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan tantangan yang dihadapi para guru, melalui rangkaian kegiatan #BagiBagiIlmu,” kata Yolanda Nainggolan (Vice President Public Relations, Blibli).

Dalam rangkaian #BagiBagiIlmu, Blibli bekerja sama dengan Narasi dalam mencari, memberikan pelatihan, dan memberikan apresiasi terhadap guru-guru yang bertekad meningkatkan literasi digital mereka demi menjawab tantangan PJJ. 

Rangkaian kegiatan #BagiBagiIlmu berjalan sejak Oktober sampai November dibagi ke dalam tiga fase secara online dan offline, meliputi:

#CeritaBaik, yakni pengumpulan konten berisi kisah inspiratif tentang para guru yang disampaikan melalui photo story para anggota Komunitas Mata Kita di seluruh Indonesia.

Narrative Meet Up, yakni kegiatan sharing session dengan komunitas Narasi yang mengangkat berbagai tema, seperti cara bercerita dengan kreatif, membuat konten video singkat dan menarik, dan memperkuat ikatan emosional dengan pelajar.

Seremoni Hari Guru Nasional, seremoni ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan #BagiBagiIlmu yang berlangsung pada 22 November yang dihadiri secara virtual oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, dan ratusan guru, serta masyarakat dari seluruh Indonesia. 

Gerakan #BagiBagiIlmu ini berhasil diikuti lebih dari 600 peserta, baik dari kalangan guru maupun pemerhati dunia pendidikan.

“Program #BagiBagiIlmu mencerminkan semangat kolaborasi untuk pemberdayaan dan literasi digital kepada para tenaga pengajar,” tutup Yolanda.