Find Us On Social Media :

Alasan Qualcomm Pilih Nama Snapdragon 888, Bukan Snapdragon 875

By Adam Rizal, Sabtu, 5 Desember 2020 | 16:00 WIB

Qualcomm Snapdragon 888

Qualcomm resmi mengumumkan suksesor SoC atau yang biasa disebut chipset Snapdragon 865 adalah Snapdragon 888 dalam acara tahunan Snapdragon Tech Summit.

Alih-alih menggunakan nama Snapdragon 875, Qualcomm memilih nama Snapdragon 888 untuk chipset terbarunya.

Tentunya, penamaan itu tidak sesuai tradisi Qualcomm karena setiap tahunnya Qualcomm biasanya memberi penamaan secara berurutan seperti Snapdragon 835, Snapdragon 845, sampai Snapdragon 865 yang dirilis akhir tahun 2019.

SVP & GM of Mobile, Compute and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Alan Katouzian, mengatakan Qualcomm menggunakan nomor tersebut karena ingin menawarkan beragam fitur premium.

"Selama lebih dari satu dekade, angka 8 selalu mengawali nama seluruh chipset kelas atas kami. Kini, kami menggunakan Snapdragon 888 karena ingin memberikan nama yang premium," ujar Alan seperti dikutip TravelChinaGuide.

Ia tidak menjelaskan lebih rinci korelasi antara angka 888 dan "fitur premium". Namun, jika mengacu pada budaya Cina, angka 888 disebut sebagai angka pembawa keberuntungan.

Selain keberuntungan, angka itu merupakan simbol doa dari para orang tua kepada generasi muda. Biasanya angka 888, 366, 666, dan 1666 menjadi patokan bagi para orang tua untuk memasukkan uang ke dalam angpau.

Alasan lainnya, mitra terbesar Qualcomm berasal dari Cina seperti OPPO,vivo, Xiaomi, Black Shark, ZTE, realme, Meizu, Nubia, OnePlus dan masih banyak lagi.

Beberapa vendor smartphone asal Cina ini juga memastikan bahwa mereka bakal meluncurkan smartphone dengan Snapdragon 888 tahun depan.