Find Us On Social Media :

Rugikan Pelanggan, Apple Diminta Jual iPhone 12 dengan Charger

By Adam Rizal, Senin, 7 Desember 2020 | 09:30 WIB

iPhone 12

Apple memang menjual iPhone 12 tanpa charger dan earphone dalam kotak pembelian. Anda hanya akan mendapatkan kabel konverter (Lightning-to-USB-C) dan iPhone 12 saja sehingga pengguna 'dipaksa' untuk membeli kepala charger atau earphone secara terpisah.

Kebijakan itu adalah pertama kalinya Apple menjual iPhone tanpa kedua aksesori tambahan tersebut.

Namun, Apple tampaknya harus merevisi kebijakannya itu di Brasil karena Badan Perlindungan Konsumen dari Negara Bagian Sao Paulo, Brasil, Procon-SP mendesak Apple untuk memasukkan aksesori tersebut dalam kotak kemasan iPhone 12 series.

Procon-SP sempat menyurati Apple untuk memberikan alasan mengapa charger dan earphone tidak disertakan dalam paket pembelian iPhone 12.

Procon-SP juga meminta Apple untuk memberi bukti nyata, apakah kebijakannya tersebut benar-benar relevan dan dapat menguntungkan konsumennya atau tidak seperti dikutip 9To5Mac.

Apple pun merespons pernyataan Procon-SP dengan argumen bahwa sebagian besar pengguna sudah memiliki charger dari iPhone lawas, yang kompatibel dengan iPhone 12.

Apple mengakui sengaja menghilangkan kedua aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Berbanding terbalik, Procon-SP justru menentang dan beranggapan bahwa charger adalah komponen penting yang harus didapatkan konsumen ketika membeli produk smartphone.

Apabila Apple tetap mempertahankan kebijakannya, maka iPhone yang dijual dan dipasarkan tersebut dinilai melanggar aturan perlindungan konsumen Brasil.

Lembaga Konsumen Nasional Brasil masih mempertimbangkan untuk memaksa Apple menjual iPhone dengan kelengkapan charger dalam kotak pembelian.