Find Us On Social Media :

Wow! Samsung Kembangkan Sensor Kamera Smartphone 600 Megapixel

By Adam Rizal, Senin, 7 Desember 2020 | 15:30 WIB

Samsung kembangkan sensor kamera 600 MP

Samsung mengembangkan sensor kamera smartphone yang sangat besar 600 megapixel supaya menyerupai penglihatan manusia.

Hal itu pernah diungkapkan oleh wakil direktur eksekutif Samsung untuk sensor, Yongin Park, awal tahun ini, bahwa mereka ingin membuat sensor yang bahkan melebihi penglihatan manusia.

Saat ini resolusi mata manusia diperkirakan sekitar 576 megapixel. Park mengungkapkan kendala memasukkan banyak piksel ke dalam sensor akan berakibat pada ukuran perangkat. Pilihan lainnya, mengurangi ukuran individu piksel, namun, akan berdampak pada kualitas gambar.

Samsung dikabarkan akan membuat sensor 600 megapixel dengan besaran piksel 0,8 mikrometer sementara ukurannya 1/0,57 inci. Sensor itu akan memakan 12 persen dari luas ponsel dan menambah ketebalan sekitar 22 milimeter seperti dikutip Phone Arena.

Jika dibandingkan dengan rata-rata sensor kamera yang digunakan di ponsel, 600 megapixel akan mampu merekam video 4K dan 8K dengan kemampuan pembesaran yang baik.

Sementara untuk mengatasi ukuran fisik kamera, perusahaan asal Korea Selatan ini diperkirakan menggunakan teknologi ISOCELL pixel binning agar kamera tidak terlalu tebal.

Konsep Layar Gulung

Samsung mengungkap konsep smartphone dengan layar lipat tiga dan smartphone dengan layar yang dapat digulung lewat gambar sketsa. Gambar sketsa itu sendiri diunggah di blog resmi Samsung Display, yang tampaknya akan menjadi desain perangkat Samsung di masa mendatang.

“Anda akan merasakan perubahan hidup yang menjadi lebih nyaman melalui teknologi layar,” tulis Samsung Display.

Pada gambar sketsa pertama, smartphone dengan layar lipat tiga mendefinisikan ulang desain layar lipat Galaxy Fold. Desain baru ini memiliki tampilan eksternal seperti Galaxy Fold saat dilipat, dan terdapat tulisan kecil “Samsung OLED” pada bagian bawah layar.

Namun, konsep layar lipat tiga tersebut memiliki tampilan internal yang berbeda dari Galaxy Fold, karena memiliki layar yang dapat dilipat tiga bagian. Gambar sketsa selanjutnya menunjukkan tampilan perangkat dengan layar yang dapat digulung dengan layar yang dapat tergulung masuk ke dalam tabung kecil.

Samsung Display menyebut “ide tampilan portable muncul saat melihat pulpen.” Dengan desain ini, pengguna dapat dengan nyaman membawa perangkat ke tempat-tempat wisata karena dapat digulung, dan kemudian dibentangkan.

Meski Samsung tidak mengumumkan kapan waktu yang tepat untuk merilis perangkat dengan desain seperti itu tetapi sketsa tersebut memberi gagasan bahwa Samsung Display mampu membuat panel untuk perangkat tersebut.

Sementara itu, paten perangkat layar lipat tiga Samsung, menurut Bojorna dari LetsGoDigital, akan dilengkapi dengan papan ketik geser dan dapat digunakan dalam berbagai posisi.