Find Us On Social Media :

Intel Tampilkan Cip Horse Ridge II untuk Pengontrolan Sistem Kuantum

By Cakrawala, Selasa, 8 Desember 2020 | 14:30 WIB

Intel Horse Ridge II

 

Intel belum lama ini telah menampilkan cip Horse Ridge II secara virtual di dunia. Horse Ridge II adalah cip kontrol cryogenic generasi kedua Intel. Dibandingkan cip kontrol cryogenic generasi pertama Intel, Horse Ridge, cip baru ini menawarkan sejumlah kelebihan. Intel menyebutkan Horse Ridge II membawa fungsi-fungsi kontrol kunci untuk operasi komputer kuantum — lebih banyak dari sebelumnya — ke dalam pendingin cryogenic. Dengan kata lain, Intel Horse Ridge II membawa fungsi-fungsi kontrol kunci tersebut sedekat mungkin dengan qubit (quantum bit). Alhasil, Intel Horse Ridge II menyederhanakan pengkabelan untuk pengontrolan sistem kuantum. Intel meyakini pengkabelan yang kompleks menjadi penghalang untuk meningkatkan kemampuan dari komputer kuantum.

"Dengan Horse Ridge II, Intel terus memimpin inovasi dalam bidang kontrol cryogenic kuantum, mengambil keahlian antardisiplin kami yang dalam dari lini tim Integrated Circuit design, Labs and Technology Development. Kami percaya bahwa meningkatkan jumlah qubit tanpa menyelesaikan permasalahan pengkabelan kompleks yang muncul adalah seperti memiliki sebuah mobil olahraga, tetapi secara terus-menerus terjebak dalam kemacetan. Horse Ridge II menyederhanakan lebih jauh berbagai kontrol sirkuit kuantum, dan kami mengharapkan kemajuan ini untuk menghantarkan 'keakuratan' yang meningkat dan daya keluaran yang menurun, membawa kita satu langkah lebih dekat menuju pengembangan suatu sirkuit kuantum terintegrasi yang 'bebas macet'," ujar Jim Clarke (Director of Quantum Hardware, Components Research Group, Intel).

Menurut Intel, saat ini, sistem kuantum menggunakan perangkat elektronik yang bekerja pada suhu ruangan. Oleh karena itu, perangkat elektronik itu harus dihubungkan ke cip qubit yang berada di dalam pendingin cryogenic menggunakan kabel koaksial. Makin banyak qubit yang digunakan makin banyak pula kabel yang diperlukan. Hal tersebut dinilai Intel tidak feasible untuk qubit berjumlah besar karena meningkatkan secara signifikan biaya, konsumsi daya, panas, dan juga form factor. Dengan menempatkan cip kontrol cryogenic ke dalam pendingin cryogenic, kompleksitas pengkabelan bisa ditekan, begitu pula dengan banyaknya perangkat elektronik yang digunakan — Horse Ridge dan Horse Ridge II adalah SoC yang menggabungkan banyak komponen dalam satu cip. Dengan Horse Ridge II, menggunakan qubit berjumlah besar menjadi lebih feasible.

Adapun kelebihan yang ditawarkan Intel Horse Ridge II dibandingkan Intel Horse Ridge antara lain adalah dua fungsi kontrol baru, yakni pembacaan qubit atau qubit readout dan multigate pulsing. Pembacaan qubit memungkinkan Intel Horse Ridge II untuk membaca kondisi atau state dari qubit secara langsung. Kemamopuan pembacaan tersebut diklaim sangat penting karena memungkinkan pendeteksian kondisi qubit tanpa menyimpan data yang besar sehingga menghemat memori dan daya. Selain itu, kemampuan pembacaan tersebut juga memberikan pendeteksian kondisi qubit dengan latensi yang rendah. Sementara, multigate pulsing membolehkan Intel Horse Ridge II untuk secara bersamaan mengontrol banyak qubit gate sehingga membuka jalan untuk sistem kuantum yang lebih scalable.

Menggunakan technology node 22FFL (22 nm low-power FinFET), Intel menambahkan bahwa Horse Ridge II melengkapi usaha Intel untuk mencapai suhu operasi yang sama untuk kontrol dan qubit. Selain Horse Ridge II, Intel juga mengembangkan silicon spin qubit yang memungkinkan operasi pada 1° K atau lebih. Adapun fungsi-fungsi Intel Horse Ridge II telah diverifikasi pada 4° K. Kuantum komputer masa sekarang sendiri pada umumnya beroperasi jauh di bawah 1° K.