Find Us On Social Media :

DANA Beberkan Berbagai Fitur dan Programnya Sepanjang Tahun 2020

By Cakrawala, Rabu, 9 Desember 2020 | 23:00 WIB

Ilustrasi DANA.

DANA belum lama ini membeberkan berbagai fitur dan program yang dihadirkannya sepanjang tahun 2020 di Indonesia. DANA mengklaim aneka fitur dan program tersebut membantu masyarakat, termasuk UMKM (usaha micro, kecil, dan menengah) dalam menghadapi tantangan, utamanya sehubungan wabab COVID-19 di tanah air.

Misalnya, melalui miniprogram Siap Siaga COVID-19, pengguna DANA bisa lebih mudah mendapatkan informasi seputar COVID-19. Selain itu, pengguna DANA bisa pula mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya yang mengalami kesulitan akibat wabah COVID-19 untuk nantinya mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Atau melalui fitur DANA Home Shopping yang memudahkan pengguna DANA untuk membeli makanan dan minuman maupun produk lainnya dari rumah. Begitu pula pedagang luring yang jadi dengan mudah bisa menyerupai daring. DANA memang senantiasa menyebutkan ingin memperluas inklusi finansial digital bagi masyarakat Indonesia.

"Dengan cita-cita kami untuk mewujudkan layanan finansial yang makin inklusif untuk masyarkat Indonesia, kami itu sangat berfokus untuk, untuk mendigitalisasikan UMKM, dan kita juga beritikad untuk makin banyak lagi melanjutkan edukasi untuk masyarakat, terutama di era digital payment yang, yang akan makin melebar ini. Jadi, dari sisi kami sendiri makin akan banyak layanan-layanan yang berbagai macam, yang berbasis teknologi juga, untuk membantu masyarakat di Indonesia berlangsung, beralih juga gitu ke masyarakat cashless," ujar Vince Iswara (CEO dan Co-founder DANA).

Selain Siap Siaga COVID-19 dan DANA Home Shopping tentunya terdapat berbagai fitur dan program lain yang dimunculkan DANA pada tahun 2020. Beberapa di antaranya adalah membantu menyediakan tempat singgah bagi tenaga medis sehubungan COVID-19, Warung Pangan, DANA Parking, DANA Biller, serta kerja sama dengan TikTok.

Mengusung #TempatSinggahPejuangMedis, DANA pada April 2020 lalu bekerja sama dengan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia untuk membantu menyediakan tempat singgah bagi tenaga medis sehubungan COVID-19 di tanah air. Melalui kerja sama ini, DANA menghadirkan opsi pada aplikasinya yang membolehkan pengguna DANA menyumbang secara langsung terhadap usaha peneyediaan tempat singgah bagi tenaga medis yang dimaksud.

Warung Pangan dihadirkan DANA untuk membantu pengguna DANA di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus "keluar rumah" dan dengan harga yang terjangkau. Warung Pangan merupakan hasil kerja sama dengan BGR Logistics dan diumumkan pada Agustus 2020. Tidak hanya membantu pembeli akhir, DANA mengklaim layanan Warung Pangan juga membantu UMKM. Pasalnya, Warung Pangan membantu percepatan digitalisasi warung tradisional sekaligus membantu mereka pulih dari dampak negatif wabah COVID-19.

DANA Parking adalah hasil kerja sama DANA dengan PARKEE. Disampaikan pada Oktober 2020, DANA Parking membolehkan pengguna DANA untuk membayar biaya parkir di tempat tertentu secara langsung dari aplikasi DANA. Dengan DANA Parking, pengguna DANA bisa membayar biaya parkir di tempat tertentu secara nontunai dan tanpa kontak alias contactless.

Diumumkan pada November 2020, DANA Biller memudahkan pengguna DANA di tanah air dalam menambah saldo uang elektronik maupun melakukan pembayaran transaksi e-commerce. Dengan DANA Biller, DANA menghadirkan halaman khusus pada aplikasinya untuk top up uang elektronik/dompet digital dan pembayaran transaksi e-commerce.

Sementara, kerja sama dengan TikTok yang disampaikan pada November 2020, merupakan kerja sama yang memungkinkan pengguna TikTok di Indonesia untuk menarik hadiah referral secara langsung ke saldo DANA-nya. Kemampuan ini memberikan pengalaman penggunaan yang makin menyenangkan dan praktis untuk pengguna DANA dan TikTok.