Find Us On Social Media :

Indosat Ooredoo Gunakan Platform dari Comviva untuk Tingkatkan Bisnis

By Cakrawala, Jumat, 11 Desember 2020 | 15:00 WIB

Ritesh Singh (Chief Marketing Officer, Indosat Ooredoo; kanan) dan David Peters (Senior Vice President and Head of Southeast Asia & Australia and New Zealand Region, Comviva) ketika secara virtual menyampaikan kerja sama Indosat Ooredoo dan Comviva beberapa waktu lalu.

Indosat Ooredoo dan Comviva mengumumkan kerja samanya di tanah air beberapa hari lalu. Melalui kerja sama yang telah berlangsung tersebut, Indosat Ooredoo menggunakan platform yang dibangun oleh Comviva untuk membantu Indosat Ooredoo mengenali karakteristik penggunanya sehingga bisa menawarkan produk yang sesuai. Tak hanya itu, dengan platform bersangkutan, Indosat Ooredoo juga bisa mengetahui kondisi penggunanya pada saat tertentu sehingga bisa pula menawarkan produk yang tepat, spesifik untuk saat tersebut. Alhasil, Indosat Ooredoo mengklaim sudah berhasil meningkatkan bisnisnya. Platform dari Comviva yang digunakan Indosat Ooredoo adalah MobiLytix Real Time Marketing dan MobiLytix Loyalty and Rewards. Comviva sendiri adalah penyedia solusi untuk operator telekomunikasi seluler.

"Kami selalu mengatakan bahwa visi dan misi kami [Indosat Ooredoo] adalah untuk memastikan bahwa kami adalah merek yang paling tidak rumit, paling transparan, dan paling terpercaya," ujar Ritesh Singh (Chief Marketing Officer, Indosat Ooredoo). "Untuk mengatasi permasalahan ini, kami memulai pembicaraan dengan Comviva, dan Comviva datang menyelamatkan kami, dan mereka mulai membangun platform berdasarkan studi-studi ini, seperti kami selalu tetap relevan bagi konsumen, pemasaran berdasarkan konteks, dan berusaha membuat aneka hal sederhana, dan membuat berbagai hal transparan," tambah Ritesh Singh.

"Visi kami sebagai suatu perusahaan adalah untuk menyediakan berbagai platfom peranti lunak yang membolehkan klien kami, para operator telekomunikasi seluler, untuk melakukan perjalanan digital itu, meningkatkan pendapatan mereka, keterlibatan mereka dengan para konsumen, dan untuk menghantarkan nilai kepada konsumen-konsumen mereka," sebut David Peters (Senior Vice President and Head of Southeast Asia & Australia and New Zealand Region, Comviva). "Dengan Indosat, benar-benar seperti yang dikatakan Ritesh, adalah mengenai berinteraksi dengan para konsumen melalui suatu cara yang personal dan relevan dan tepat waktu. Semua interaksi dengan konsumen harus personal, harus dipersonalisasi untuk individual yang menjadi konsumen tersebut sehingga menjadi masuk akal untuk mereka, harus relevan, harus relevan dengan penggunaannya dan di mana mereka berada dan apa yang sedang mereka lakukan, dan harus tepat waktu, yang bagi kami hal tersebut berarti harus terjadi secara real-time," jelas David Peters.

Indosat Ooredoo mencontohkan bahwa dengan platform Comviva, sistem bisa mengenali pengguna Indosat Ooredoo yang akan menurunkan paket yang dimanfaatkannya, seperti dari sebelumnya menggunakan 10 GB kini ingin membeli 5 GB, dan secara real-time menawarkan paket yang memiliki perbandingan manfaat dengan harga yang lebih baik kepada pengguna tesebut. Paket yang ditawarkan itu pun disesuaikan dengan kebutuhan pengguna bersangkutan yang datanya sudah dianalisis oleh sistem. Indosat Ooredoo mengklaim hal itu membuat sang pengguna memilih untuk menggunakan paket yang ditawarkan. Dengan pengguna tersebut memilih paket yang ditawarkan, Indosat Ooredoo menyebutkan pendapatannya menjadi meningkat, tentunya dibandingkan bila pengguna itu tetap dengan rencana awalnya. Selama sekitar setahun bekerja sama dengan Comviva, Indosat Ooredoo mengklaim pendapatannya meningkat enam kali alias 600%.

Comviva sendiri mendefinisikan MobiLytix Real Time Marketing sebagai platform untuk melakukan manajeman terhadap interaksi, tentunya dengan konsumen, secara real-time dan ditenagai oleh AI (artificial intelligence), tepatnya ML (machine learning). MobiLytix Real Time Marketing bertujuan untuk meningkatan pendapatan suatu perusahaan dengan meningkatkan nilai perusahaan tersebut di mata konsumen. MobiLytix Real Time Marketing antara lain menghadirkan kemampuan pengambilan keputusan berskala luas, pemrosesan yang kompleks, dan interaksi multikanal.

Sementara, MobiLytix Loyalty and Rewards, seperti namanya, adalah platform untuk kesetiaan konsumen dan pemberian manfaat kepada konsumen. Melalui MobiLytix Loyalty and Rewards, perusahaan bisa membuat program kesetiaan (loyalty) dan kampanye promosi yang berdasarkan penghargaan (reward).