Find Us On Social Media :

Hands-on ASUS VivoBook 14 (A416): Entry Level untuk WFH dan PJJ

By Dayu Akbar, Senin, 14 Desember 2020 | 16:05 WIB

ASUS secara resmi memperkenalkan laptop terbaru melalui seri VivoBook 14 (A416). Seri ini secara lengkap memiliki tujuh SKU yang kesemuanya dipersenjatai dengan Intel Core Generasi ke-10 dan dibedakan berdasarkan spesifikasi lainnya. Sementara unit yang lebih dulu dipamerkan ASUS ini terdiri dari dua pilihan yang dibedakan oleh storagenya yaitu HDD dengan kapasitas 1 TB dan SSD PCIe 512 GB. Sedangkan komponen lainnya sama, yaitu prosesor Intel Core i3-1005G1, RAM 4 GB, dan chip grafis Intel UHD Graphics.

Secara fisik memang tidak terdapat perbedaan karena hanya dari sisi komponennya saja. Bidik segmen entry level, laptop ini hadir dengan desain klasik dengan tampilan yang telah diperbarui. Kesederhanaan terlihat dari desainnya yang polos bertuliskan logo ASUS dengan pilihan cover warna Transparent Silver dan Slate Grey. Bodinya sendiri kami rasakan menggunakan plastik polycarbonate, baik pada cover, engsel, maupun bagian bawahnya.Namun jangan kuatir, bagian-bagian tertentu seperti chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya.

Seri VivoBook 14 menegaskan layarnya yang berukuran 14 inci. Meski bezelnya masih terbilang tebal untuk sekelas laptop modern, namun tetap terbilang lebih tipis dibanding generasi sebelumnya yang memiliki konsep klasik. Ini membuatnya masih bisa menyematkan webcam di posisi standar laptop kebanyakan. Sementara bezel bawahnya terdapat tulisan ASUS. Dengan ukuran bezel tersebut ini membuat layarnya diklaim memiliki screen-to-body ratio hingga 82%, masih terbilang tipis untuk sekelas laptop entry level. Sedangkan engselnya sendiri bisa ditekuk hingga kemiringan sekitar 130 derajat.

Secara dimensi, laptop ini masih termasuk ringkas dan ringan. Bobotnya hanya 1,6 kilogram dan ketebalannya hanya 19.9mm membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, ASUS bahkan menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas.

Meski di kelas entry level, ASUS cukup berbaik hati dengan menyertakan backlit yang memiliki tiga tingkat kecerahan pada tombol keyboard. Ini jelas cukup menyenangkan dan bermanfaat ketika digunakan dalam kondisi ruang yang gelap atau temaram. Untuk tombol keyboarnya sendiri memiliki jarak cukup renggang sehingga nyaman digunakan pada jari besar sekalipun. Layoutnya minimalis dan standar tanpa adanya area numpad. Tombol Power-nya juga berada dalam tombol keyboard dengan posisi di ujung kanan atas.

Dari sisi konektivitas, sisi kiri terdapat lubang adaptor, USB type-C, dan kemudian lubang ventilasi udara, HDMI dan USB 3.2 Gen 1 type-A. Sementara sisi kanan ada kensington lock, dua USB 2.0 type-A, jack audio, micro SD card reader, dan dua lampu indiktor untuk power dan baterai. Sementara di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel.

Seperti disebut sebelumnya, ASUS VivoBook 14 (A416) memiliki tujuh SKU dengan prosesor tertinggi yaitu Intel Core i5-1035G1 dan pilihan paling rendah yaitu Intel Celeron N4020. Harga yang ditawarkannya pun mulai dari Rp4.799.000 hingga Rp10.799.000. Sementara hingga artikel ini dibuat, yang sudah resmi hadir di Indonesia adalah versi Intel Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD yang dijual dengan harga Rp6.699.000, dan versi Intel Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD dengan harga Rp7.099.000.