Find Us On Social Media :

Begini Cara Edit Dokumen Microsoft Office Langsung dari Gmail

By Adam Rizal, Selasa, 15 Desember 2020 | 13:30 WIB

Gmail

Google meluncurkan pembaruan fitur Gmail yang memungkinkan pengguna dapat melakukan penyuntingan dokumen Microsoft Office secara langsung dari layanan e-mail tersebut.

Sebelumnya, pengguna harus menyimpan dokumen di Google Drive terlebih dahulu sebelum bisa melakukan editing.

Kini, pengguna Gmail bisa langsung membuka file Microsoft Office di kolom inbox, lalu mengubah isi dokumen melalui tools editing yang tersedia di Google Docs, Sheets, dan Slides.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot untuk mengunduh dokumen dan menyuntingnya secara terpisah. Sebab, dokumen yang telah melalui editing dapat langsung dilampirkan di e-mail.

Hasil editing akan otomatis disimpan ke file dalam format Office yang bersangkutan. Setelah selesai menyunting berkas, pengguna dapat memilih opsi untuk membalas e-mail dengan file yang sudah diperbarui, atau menulis e-mail baru dengan file yang terlampir.

Baca Juga: Cara Mengantisipasi Kapasitas Gmail yang Penuh

Pengguna juga bisa meninjau kembali e-mail yang berisi dokumen asli tersebut seperti dikutip Android Central.

Adapun format file Microsoft Office yang didukung adalah sebagai berikut: Micosoft Word: .doc, .docx, .dot Microsoft Excel: .xls, .xlsx, .xlsm, .xlt Microsoft PowerPoint: .ppt, .pptx, .pps, .pot Pembaruan fitur di Gmail ini telah mulai disalurkan untuk pengguna Google Workspace dalam paket Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, serta pelanggan G Suite Basic, Business, Education, Enterprise for Education, dan Nonprofit.

Google mengatakan bahwa pembaruan ini akan hadir secara bertahap dalam 15 hari ke depan, atau selambat-lambatnya pada 25 Desember 2020.

Fitur penyuntingan dokumen Office ini tidak tersedia untuk pelanggan Google Workspace Essentials dan Enterprise Essentials.

Baca Juga: Penyebab Kinerja Microsoft Office Bakal 'Lemot' di MacBook Terbaru