Find Us On Social Media :

Dynabook Portege X30W-J, Laptop Convertible Paling Ringan di Dunia

By Dayu Akbar, Rabu, 16 Desember 2020 | 09:33 WIB

Setelah sebelumnya meluncurkan seri (Portégé) Portege X30L-G, Dynabook kembali memperbarui lini laptopnya dengan meluncurkan seri Portege X30W-J. Seri ini sendiri diklaim sebagai laptop konvertibel 13 inci dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11 paling ringan di dunia. Konvertibel adalah istilah untuk komputer portabel yang memiliki fitur tablet dan laptop dalam satu perangkat dengan engsel yang bisa dilipat hingga 360 derajat. Sedangkan dari segi dimensi, dengan ketebalan hanya 1,79 cm bobot yang dimilikinya hanya sekitar 989 gram atau kurang dari 1 kg.Meski ringan, laptop ini cukup tangguh karena menggunakan sasis magnesium alloy yang sudah menjalani sejumlah tes MIL STD 810G. Dynabook juga melakukan Highly Accelerated Life Test (HALT) dan uji tekanan lainnya di seluruh sasis, engsel, keyboard, dan port laptop ini untuk menghadirkan perpaduan sempurna antara kekuatan dan kelenturan dalam desainnya yang ringan.Sebagai generasi paling baru, laptop ini telah memiliki sertifikasi Intel EVO yang merupakan Project Athena edisi kedua dari Intel. Sebagai informasi, Intel EVO adalah sebuah proses verifikasi sistem laptop yang mengacu pada pengalaman penggunaan konsumen (KEI).

Ada beberapa aspek yang harus dimiliki oleh sebuah laptop apabila ingin mendapatkan sertifikasi dan stiker Intel EVO. Diantaranya daya tahan baterai yang tahan lama,  kecepatan menyala, kemampuan prosesor, ketersediaan port Thunderbolt 4, dan Wi-Fi 6, sebagaimana ditentukan oleh iterasi terbaru menurut tolok ukur Project Athena edisi kedua dari Intel.

“Portege X30W-J adalah contoh yang bagus dari filosofi bersama kami dengan Intel dalam menyediakan segala yang dibutuhkan para profesional untuk produktivitas, kreativitas, dan kolaborasi tanpa gangguan,” kata Wong Wai Meng, General Manager, Product Strategy for Mobile Computing Solutions, Devices & IoT, Dynabook Singapore Pte. Ltd. Ada dua pilihan prosesor yang tersedia untuk Portege X30W-J yaitu Intel Core i5-1135G7 dan Intel Core i7-1165G7 dimana keduanya merupakan varian TDP 28W yang memiliki performa tinggi. Untuk spesifikasi lainnya, pada memori RAM tersedia tipe LPDDR4x dengan pilihan hingga 32GB yang bekerja pada 4266MHz. Sebagai laptop tipis, urusan storage hanya memiliki pilihan jenis  PCIe SSD super cepat hingga 1TB.

Ideal untuk aplikasi bisnis data-intensive yang semakin meningkat saat ini, Portege X30W-J menggunakan teknologi grafis baru Intel Iris Xe untuk memberikan yang terbaik di kelasnya dalam hal kinerja, berbagai level grafis, daya respon, dan ketahanan baterai.Untuk kapasitas baterai, laptop ini memiliki kapasitas 53 Wh yang mampu bertahan hingga pemakaian selama 16 jam. Pengisian baterainya sendiri mendukung teknologi quick charge yang bisa  mengembalikan kapasitas baterai hingga 40% hanya dalam 30 menit. Sementara, fungsi Instant On pada perangkat juga memungkinkannya untuk menyala dalam waktu kurang dari satu detik melalui aktivasi biometrik wajah dan sidik jari.Bisa difungsikan sebagai tablet, laptop ini dilengkapi dengan layar sentuh yang sudah terlindung lapisan Corning Gorilla Glass. Untuk kenyamanan menggunakan layar sentuhnya, Anda bisa menambahkan pena stylus AES sehingga bisa dengan mudah menulis di atasnya layaknya menggunakan pena di atas kertas. Saat menggunakan pena, keyboard secara otomatis nonaktif untuk menghindari kesalahan pemencetan tombol yang tidak disengaja.

Untuk koneksi nirkabel yang cepat dan andal, perangkat ini dilengkapi dengan modul Intel 802.11ax (WiFi 6) + BT 5.1 terbaru. Dilengkapi pula dengan dua port USB-C Thunderbolt 4 terkini yang memungkinkan pengisian daya dengan cepat, koneksi ke periferal, dan transfer data dengan kecepatan tinggi. Dikemas dengan pilihan periferal beragam, Portege X30W-J juga menyediakan HDMI ukuran penuh, port USB 3.1 Tipe-A, ditambah jack audio 3.5mm, serta slot kartu micro SD.

Fitur lain yang diadopsi seri Portege X30L-G ini antara lain speaker Harman/Kardon dengan Dolby Atmos, mikrofon ganda peredam bising, webcam 8MP, Precision TouchPad yang halus atau SecurePad opsional dengan pembaca sidik jari. Termasuk fitur keamanan seperti penggunaan BIOS dari Dynabook untuk memastikan data terlindung dari penjahat dunia maya yang semakin canggih.Dynabook Portege X30W-J akan tersedia di Asia mulai Desember 2020, dan hingga artikel ini dibuat belum diumumkan mengenai harga resmi maupun ketersediaannya untuk pasar Indonesia.