Find Us On Social Media :

Dukung Ekosistem Digital untuk Bisnis, 3 Indonesia Hadirkan Platform IoT

By Cakrawala, Kamis, 17 Desember 2020 | 22:30 WIB

Ilustrasi 3 Indonesia.

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia hari ini mengumumkan ketersediaan solusi platform IoT (internet of things) dan turunan layanannya untuk pebisnis dan profesional di tanah air. Kehadiran solusi platform IoT dan turunan layanannya dari 3 Indonesia itu adalah berkat kolaborasi 3 Indonesia dengan mitranya. Hadir melalui unit 3Business, solusi platform IoT dan turunan layanannya itu membolehkan pengguna 3 Indonesia melakukan pengontrolan dan pelacakan aset, aset yang tentunya telah dilengkapi dengan perangkat IoT maupun yang mendukung fungsi yang serupa. Selain itu, 3 Indonesia juga telah menjalani proses ULO (uji laik operasi) di beberapa tempat sehingga secara resmi bisa menyelenggarakan jasa Siskomdat (sistem komunikasi data).

“Berbagai inovasi dan solusi telah dihadirkan 3 Indonesia untuk mendukung kalangan bisnis dan profesional dalam meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbunhan bisnis di era digital, salah satunya dengan bersinergi dengan berbagai partner untuk mengembangkan ekosistem digital melalui layanan berbasis IoT yang kami bundling dengan paket data yang terjangkau. Kami berharap sinergi dan juga lisensi Siskomdat yang baru kami dapatkan bisa memberikan kemajuan positif bagi kalangan bisnis dan professional dalam menghadapi ekonomi digital dan dampak ekonomi di situasi pandemi,” ujar M. Danny Buldansyah (Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia).

Adapun mitra 3 Indonesia dalam menyediakan solusi platform IoT dan turunan layanannya adalah Nokia. Kolaborasi 3 Indonesia dan Nokia ini melibatkan WING (Worldwide IoT Network Grid). Nokia sendiri mendefinisikan WING sebagai layanan yang memberikan operator telekomunikasi seluler kemampuan untuk mendukung konsumen bisnis atau enterprise-nya dengan konektivitas IoT secara global menembus batas negara dan antara teknologi.

“Sebagai partner 3 Indonesia, Nokia terus mendukung pengembangan layanan IoT di 3Business dengan membangun jaringan WING yang memiliki keunggulan dalam hal kemudahan mengelola koneksi dan perangkat IoT melalui Connectivity Management Platform (CMP). Cara ini akan memberi kemudahan akses bagi pelanggan 3Business untuk mengetahui langsung jaringan IoT yang mereka gunakan serta mengelola pemakaiannya,” sebut Ammar Hussain (Head of Service Sales Nokia Indonesia).

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia juga menyebutkan bahwa sebelumnya telah menawarkan berbagai solusi IoT untuk pengguna bisnis dan profesional. Tawaran tersebut berupa pembundelan layanan paket data dan solusi dari mitra.