Find Us On Social Media :

Twitter Bakal Membuat Akun @POTUS Joe Biden dari Nol Follower

By Adam Rizal, Kamis, 24 Desember 2020 | 09:30 WIB

Joe Biden

Twitter berencana menghapus semua follower akun @POTUS dan @WhiteHouse setelah presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden dilantik pada 20 Januari mendatang.

Menurut Direktur digital Biden, Rob Flaherty, Twitter juga akan menghapus follower akun @VP, @FLOTUS, @PressSec, @Cabinet, dan @LaCasaBlanca. Keputusan ini muncul setelah perdebatan sebelumnya mengenai apakah follower akan ditransfer ke admin baru.

Langkah ini adalah kebalikan dari apa yang dilakukan Twitter pada 2017 ketika pemerintahan Trump mengambil alih akun pemerintahan Obama seperti dikutip The Verge.

Saat itu, Twitter menggandakan akun yang ada, membuat arsip cuitan dan followers era Obama, dan membuat satu set akun baru tanpa cuitan untuk admin baru dengan mempertahankan semua followers.

Twitter belum menjelaskan alasan perubahan kebijakan kali ini. Twitter mengatakan "dalam diskusi yang sedang berlangsung dengan tim transisi Biden tentang sejumlah aspek yang terkait dengan transfer akun Gedung Putih."

Tim Biden tampaknya tidak senang dengan perubahan kebijakan ini, mengingat mereka akan kehilangan keuntungan digital yang signifikan. Flaherty mengatakan tim transisi "menolak dan kami telah mengatakan hal ini dengan jelas."

Pada Hari Pelantikan, siapa pun yang mengikuti salah satu akun tersebut akan menerima pemberitahuan bahwa akun tersebut sedang diarsipkan, kata juru bicara Twitter.

Mereka juga akan diberi opsi untuk mengikuti akun baru pemerintahan Biden. Belum ada detail tentang seperti apa bentuk notifikasi itu kepada pengguna.

Saat ini, akun @POTUS memiliki 33 juta pengikut, @WhiteHouse memiliki 26 juta, @FLOTUS memiliki 16 juta, dan @PressSec memiliki 6 juta.