Find Us On Social Media :

Wow! Xiaomi Masuk Klub 100 Miliar Dolar AS

By Adam Rizal, Senin, 28 Desember 2020 | 10:00 WIB

Xiaomi

Xiaomi, perusahaan smartphone sekaligus pembuat aksesori dan pembuat perangkat pintar akhirnya masuk "klub 100 miliar dolar".

Nilai perusahaan Xiaomi, tercatat telah tembus lebih dari 100 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.420 triliun.

Nilai kapitalisasi ini diraih Xiaomi setelah saham perusahaan dengan kode 1810.HK itu sempat menguat 9,1 persen di bursa efek Hongkong. Saham Xiaomi ditutup pada harga 31,90 dolar Hong Kong, naik sebesar 7,6 persen pada 23 Desember.

Dengan harga penutupan tersebut, nilai kapital Xiaomi mencapai 802 juta dolar Hong Kong atau sekitar 103 miliar dolar AS, seperti dilansir Bloomberg.

Xiaomi menjadi perusahaan ke-13 dalam indeks acuan Hang Seng yang memiliki kapitalisasi pasar di atas 100 juta dolar AS. Nilai kapitalisasi tersebut disebut setara dengan nilai target Xiaomi ketika pertama kali melantai di bursa efek Hongkong pada 2018 lalu.

Dua tahun lalu, Intial Public Offering (IPO) Xiaomi dibuka dengan nilai saham 17 dolar Hong Kong (sekitar Rp 34.000 berdasarkan kurs saat itu) per lembar dan nilai valuasi keseluruhan sebesar 54,3 miliar dolar AS (sekitar Rp 777 triliun berdasarkan kurs saat itu).

Pencapaian perusahaan menembus nilai kapital 100 miliar dolar ini disebut berkat kinerja positif yang ditunjukkan dalam laporan keuangan perusahaan selama ini.

Menurut laporan kuartal III-2020, performa laporan keuangan Xiaomi mencatat hasil menggembirakan, seperti total pendapatan yang tumbuh 34,5 persen year-on-year menjadi 72,2 miliar renminbi (atau setara Rp 155,9 triliun).

Di tengah kondisi pandemi, pengapalan smartphone tumbuh 45,3 persen YoY menjadi 46,6 juta unit, serta jumlah perangkat pintar lain tumbuh 35,8 persen YoY menjadi 289,5 juta unit.

Selain itu, awal bulan ini, Xiaomi menggeser kedudukan Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, sebagaimana dimuat dalam laporan terbaru dari firma riset pasar, Gartner.

Vendor asal China itu mencatat angka penjualan 44,4 juta unit pada kuartal III-2020, meningkat 34,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pencapaian serupa juga ditunjukkan pada pasar Indonesia, Xiaomi naik ke peringkat ketiga, berdasarkan keterangan tertulis Xiaomi Indonesia.