Find Us On Social Media :

Tingkatkan Layanan, PeduliLindungi Gandeng Good Doctor dan GrabHealth

By Dayu Akbar, Selasa, 29 Desember 2020 | 10:00 WIB

Dalam rangka memperluas penggunaan dan memperkaya fitur aplikasi PeduliLindungi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan GrabHealth. Kehadiran layanan telemedis dari GrabHealth powered by Good Doctor di PeduliLindungi sudah bisa diakses pengguna mulai tanggal 18 Desember 2020 untuk melakukan cek kesehatan dari rumah selama masa pandemi. Upaya ini juga dilakukan sebagai salah satu langkah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.Seperti tercantum dalam Surat Edaran No. HK.02.01/MENKES/303/2020 tanggal 29 April 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk telemedis menjadi salah satu solusi strategis untuk menjawab tantangan pandemi mengingat adanya pembatasan pelayanan kesehatan secara tatap muka yang ditetapkan WHO dan pemerintah.Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa telah terjadi kenaikan penggunaan telemedis hingga 600% selama masa pandemi COVID-19. Data serupa juga nampak pada data yang dikeluarkan oleh Aliansi Telemedik Indonesia (ATENSI) yang mengatakan bahwa telah terjadi lonjakan pengguna aplikasi telemedis dari empat juta menjadi 15 juta sejak pandemi COVID-19.“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan konsultasi dokter umum 24/7 secara gratis tanpa batas maksimal pemakaian sampai akhir tahun 2020. Dengan memanfaatkan layanan GrabHealth powered by Good Doctor, pengguna bisa melakukan konsultasi dan respon cepat dari lebih 10.000 mitra dokter kami. Jangkauan kami yang luas hingga 80 kota pun bisa mendukung aplikasi PeduliLindungi agar layanannya bisa menggapai lebih banyak masyarakat di Indonesia,” kata Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia. Aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Kementerian Kominfo dan Telkom Indonesia ini dapat melakukan fungsi penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), dan peringatan (warning dan fencing) terhadap lokasi sekitar. Targetnya adalah untuk memetakan dan memantau pergerakan orangorang yang pernah dinyatakan terkena kasus COVID-19. Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga menghadirkan menu ‘teledokter’ untuk memberikan pelayanan medis secara online (telemedis) kepada masyarakat setiap saat selama 24 jam, seperti yang disediakan GrabHealth powered by Good Doctor.

(ki-ka atas) Ikhsan Baidirus, Plt. Direktur Telekomunikasi, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementrian Kominfo; Tirza Reinata, Head of Central Public Affairs Grab Indonesia; Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia; (ki-ka bawah) Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia; Komang Budi Aryasa, Deputi EVP Digital Platform & Enabler PT. Telkom Indonesia; Ahmad M. Ramli, Direktur Jenderal, Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementrian Kominfo dalam acara “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), Grab Indonesia, dan Good Doctor Technology Indonesia”.

Pengguna dapat mengakses layanan GrabHealth powered by Good Doctor pada menu ‘teledokter’ atau ‘periksa diri’ di beranda aplikasi PeduliLindungi. Layanan “Periksa Kesehatan Mandiri” berupa formulir isian yang berguna untuk mengindikasi pengguna dengan risiko COVID-19 rendah, sedang, maupun tinggi. Sedangkan layanan “Konsultasi Dokter” dapat dimanfaatkan pengguna untuk melakukan konsultasi online dengan mitra dokter profesional dari GrabHealth powered by Good Doctor.Sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu hingga saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah diunduh oleh 4.594.153 pengguna. Aplikasi PeduliLindungi akan dikembangkan dengan melengkapi beragam fitur yang akan dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan di tengah pandemi, salah satunya fungsi screening dan e-passport untuk melakukan perjalanan juga untuk mendata masyarakat yang telah melakukan cek vaksin.