Find Us On Social Media :

DANA Mudahkan Pengguna Meminta Uang dengan QR Code Akun Bank

By Cakrawala, Rabu, 30 Desember 2020 | 23:00 WIB

DANA mengumumkan fitur baru pada platformnya, yakni kemampuan yang disebut "Minta Uang" dengan QR code akun bank.

DANA beberapa hari lalu mengumumkan fitur baru pada platformnya, yakni kemampuan yang disebut "Minta Uang" dengan QR code akun bank. Melalui kemampuan baru tersebut pengguna DANA bisa meminta uang dari pengguna DANA lain untuk ditransfer ke rekening bank tertentu secara lebih praktis. Pandemi COVID-19 telah mengakselerasi transformasi digital di dunia, begitu pula di Indonesia. DANA pun mengklaim mengalami peningkatan transaksi, khususnya untuk transaksi daring. Dompet digital ini menyebutkan transaksi daringnya meningkat sampai 96%. Salah satu aktivitas yang mengalami peningkatan tertinggi adalah tranfer uang. Fitur Minta Uang dengan QR code akun bank yang dihadirkan DANA tentunya sejalan dengan peningkatan itu.

“Fitur Kirim Uang tercatat sebagai fitur yang paling banyak digunakan selama pandemi. Ini menandakan semakin menguatnya kepercayaan terhadap keunggulan dan keamanan teknologi digital dalam mendukung aktivitas dan produktivitas masyarakat sekaligus indikasi positif meningkatnya inklusi digital di bidang finansial. Untuk menjawab meningkatnya kebutuhan masyarakat bertransaksi nontunai, khususnya melakukan pengiriman uang, DANA bekerja sama dengan sejumlah bank untuk menghadirkan fitur permohonan pengiriman uang dengan menggunakan QR code. Ini merupakan komitmen DANA untuk terus menghadirkan pengalaman bertransaksi nontunai yang mudah, praktis, aman dan nyaman,” ujar Vince Iswara (CEO dan Co-Founder DANA).

Tidak terdapat batasan dari sisi pengguna DANA untuk menggunakan fitur Kirim Uang baru tersebut. Dengan kata lain, semua pengguna DANA bisa menikmati fitur baru bersangkutan. Setiap pengguna bisa menyimpan sampai lima QR code akun bank yang akan menjadi tujuan pengiriman uang oleh pengguna DANA lain. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menambahkan jumlah uang yang diinginkan maupun catatan, seperti halnya ketika meminta uang untuk dikirimkan ke saldo DANA. Nantinya, ketika pengguna ingin meminta uang, QR code akun bank yang sesuai bisa dikirimkan melalui WhatsApp, LINE, atau platform lainnya yang memungkinkan.

Pengguna DANA yang dikirimkan QR code akun bank alias yang dimintai uang, bisa mengeklik tautan QR code akun bank yang diterima untuk diarahkan ke proses transfer pada aplikasi DANA. Pengguna DANA itu tidak perlu lagi memasukkan rekening bank yang dituju dan nominalnya (bila ditetapkan), serta bisa segera melalukan transfer uang. Selain melalui tautan QR code akun bank yang diterima, pengirim juga bisa memindai QR code akun bank yang dimaksud secara langsung dengan memindainya pada aplikasi DANA peminta.

Pengiriman uang melalui fitur Minta Uang dengan QR code akun bank tidak akan dikenakan biaya untuk penggunaan sampai sepuluh kali setiap bulannya. Adapun nilai uang minimal yang bisa ditransfer secara gratis adalah Rp50.000. Bila kurang dari itu, akan dikenakan biaya sesuai aturan bank.