Find Us On Social Media :

Apple Gagal Tuntut Pembuat iPhone Virtual Corellium

By Adam Rizal, Sabtu, 2 Januari 2021 | 11:30 WIB

iPhone Virtual Corellium

Perusahaan keamanan siber yang menciptakan iPhone virtual Corellium memenangkan gugatan atas pelanggaran hak cipta yang dituduhkan oleh Apple.

Hakim memutuskan iPhone virtual buatan Corellium bukanlah pelanggaran hak cipta karena tidak menciptakan produk pesaing untuk konsumen Apple.

Sebaliknya, iPhone kloningan Corellium justru dirancang meningkatkan keamanan bagi semua pengguna iPhone, serta menjadi alat penelitian untuk sejumlah kecil pelanggan.

Apple diketahui mengajukan dua gugatan terhadap Corellium. Apple berpendapat bahwa produk Corellium itu bisa berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah karena celah keamanan yang ditemukan nantinya bisa digunakan untuk meretas iPhone.

Pertama, soal pelanggaran hak cipta karena Corellium menciptakan iPhone virtual. Gugatan ini telah ditolak oleh pengadilan.

Kedua, Apple juga menggugat Corellium melanggar Digital Millennium Copyright Act (DMCA) karena menghindari langkah-langkah keamanan Apple untuk membuat kloning iPhone tersebut. Untuk gugatan ini, hakim federal belum memberikan keputusannya.

Baca Juga: Wow! Update iOS 14 Tawarkan Fitur Antilacak

iPhone virtual Corellium itu memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi bawaan iPhone, iOS, secara virtual di browser, tanpa perlu menggunakan ponsel fisiknya.

Hal itu membuat para peneliti keamanan dapat menjalankan simulasi iPhone dan mencari kemungkinan adanya bug dan celah keamanan pada produk Apple tersebut seperti dikutip TechCrunch.

Apple sendiri belum memberi tanggapan terkait putusan pengadilan terhadap salah satu gugatannya kepada Corellium ini.

Sebagai tambahan, antara Januari 2018 dan musim panas 2018, kedua belah pihak ini pernah terlibat dalam diskusi mengenai potensi akuisisi Corellium oleh Apple.

Corellium menjelaskan kepada Apple teknologi di balik produk Corellium dan cara kerjanya, serta membahas bisnis Corellium dan niat untuk mengkomersialkan produk Corellium.

Baca Juga: Duh! Flagship Xiaomi Mi 11 Hadir Tanpa Charger, Mirip iPhone 12