Find Us On Social Media :

Adobe Hentikan Flash Player, Anda Harus Segera Hapus Demi Keamanan

By Adam Rizal, Minggu, 3 Januari 2021 | 10:30 WIB

Adobe Flash

Adobe telah berhenti mendukung Flash player pada Kamis, 31 Desember 2020. Apalagi Apple tidak lagi mendukung Flash di sebagian besar platform satu dekade lalu. Karena itu, pengguna sebaiknya menghapus Flash Player dari perangkatnya masing-masing.

Hal itu dikarenakan Adobe tidak akan lagi memperbarui keamanannya. Selain itu, Adobe juga akan memblokir konten Flash supaya tidak berjalan di Flash Player mulai 12 Januari.

Flash sendiri memulai debutnya pada 1996 sebagai Macromedia Flash yang memungkinkan pengguna mengirimkan animasi, video, dan pengalaman baru lainnya ke World Wide Web.

“Beberapa industri dan bisnis telah dibangun di sekitar teknologi Flash - termasuk game, pendidikan dan video,” kata Adobe pada 2017.

“Tapi saat standar terbuka seperti HTML5, WebGL dan WebAssembly telah matang selama beberapa tahun terakhir, sebagian besar sekarang menyediakan banyak kemampuan dan fungsi yang dipelopori oleh plugin itu dan telah menjadi alternatif yang layak untuk konten di web," Adobe menjelaskan.

Saat ini ada lebih dari 1,3 miliar orang di seluruh browser web dan sistem operasi menggunakan Flash - 11 kali lebih banyak orang daripada konsol game perangkat keras terlaris.

Sebanyak 2,2 persen atau 220.000 dari 10 juta situs web teratas menggunakan Flash per 31 Desember, menurut Web Technology Surveys, sebuah situs yang melacak 10 juta situs web teratas di dunia.

Jika Flash masih terpasang di perangkat Anda, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk mencopot pemasangannya. Peramban seperti Google Chrome telah memperingatkan pengguna selama berbulan-bulan.