Find Us On Social Media :

Penyebab Huawei 'Bersih-bersih' Game Tencent dari Toko Aplikasinya

By Adam Rizal, Senin, 4 Januari 2021 | 09:00 WIB

PUBG Mobile

Tencent Games, publisher PUBG Mobile, tiba-tiba menghilang dari toko aplikasi Huawei.

Seorang juru bicara Tencent mengatakan game-game Tencent Games memang sengaja dihapus Huawei.

"Karena platform game mobile Huawei tidak memperbarui kontraknya dengan Mobile Game Promotion Project Agreement dari kami sesuai jadwal, maka produk-produk Tencent Games mendadak dihapus pagi ini," kata sang juru bicara seperti dikutip Gizmochina.

Alasan di balik penghapusan itu tidak disebutkan. Namun, seorang sumber mengatakan pangkal masalahnya terkait persoalan bagi hasil antara Tencent dan Huawei.

Huawei ngotot meminta 'jatah' 50 persen dari pemasukan yang dihasilkan, sementara Tencent tidak setuju.

Namun, Kemitraan Huawei tetap penting buat Tencent karena Huawei memiliki banyak pengguna di China, yang merupakan pasar terbesar Tencent. Huawei menguasai lebih dari 40 persen pangsa pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu dan hampir 15 persen di pasar global, menurut firma riset IDC dan Canalys.

Selain Tencent, kabarnya pembuat game lain juga memiliki permasalahan serupa dengan Huawei, termasuk Mihoyo, pengembang Genshin Impact.

Meski demikian, penghapusan tersebut tidak berlangsung lama. Huawei segera mengembalikan judul-judul game Tencent di toko aplikasinya pada hari yang sama.

Tencent kemudian mengatakan bahwa kedua pihak "akan terus bekerja sama menghadirkan layanan dan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna". Adapun Huawei menolak berkomentar ketika dihubungi oleh Reuters.

Masalah bagi hasil kerap menjadi pemantik konflik di antara pengembang dan pemilik toko aplikasi.

Salah satu kasus lain yang banyak menyita perhatian adalah perselisihan antara pembuat game Fortnite, Epic Games, yang ditendang dari App Store lantaran tidak setuju dengan pungutan yang diterapkan oleh Apple selaku pemilik lapak.