Find Us On Social Media :

Trafik Layanan Data Indosat Naik 35% Saat Perayaan Tahun Baru 2021

By Rafki Fachrizal, Senin, 4 Januari 2021 | 17:30 WIB

Ilustrasi Indosat Ooredoo

Selama perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, operator telekomunikasi Indosat Ooredoo mengklaim alami pertumbuhan trafik layanan data.

Berdasarkan data internal perusahaan, tercatat pertumbuhan trafik harian tertinggi dengan kenaikan 35% terjadi pada 1 Januari 2021, di mana hingga 95% dapat terlayani di jaringan 4G.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, mengatakan “Terjadi lonjakan trafik sebesar 35%. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Indosat Ooredoo dan mitra kami di lapangan, meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19.”

Medhat juga mengatakan bahwa perluasan jaringan 4G dan implementasi model operasi digital sejak pertengahan tahun 2020 lalu menjadi faktor pendukung lain yang menjamin ketersediaan layanan untuk para pelanggan.

Pada perayaan Natal dan Malam Tahun Baru, Indosat mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari ‘H’ masing-masing sebesar 25% (Natal) dan 35% (Tahun Baru) dibandingkan trafik hari normal.

Baca Juga: Telkom Jadi Perusahaan Pertama yang Pakai Teknologi AI Super Komputer NVIDIA DGX A100

Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota besar di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Tasikmalaya, Sukabumi, dan Kediri.

Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Indosat selama liburan.

“Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Service Operation Center (SOC) memastikan semua pelanggan kami dapat menikmati layanan digital terbaik selama liburan, di dukung oleh pemantauan jaringan yang intensif melalui AI (artificial inteligence)/ML (machine learning),” jelas Medhat.

Sebelum masa liburan, Indosat juga melakukan uji jaringan di beberapa kota regional dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat rekreasi, tempat istirahat dan terminal untuk memastikan pelanggan dapat menikmati layanan Indosat dengan baik.

Baca Juga: Alasan Merger Indosat dan Tri Jadi Angin Segar Industri Telekomunikasi