Find Us On Social Media :

Layanan Facebook Cetak Rekor Trafik Video Call Saat Tahun Baru

By Adam Rizal, Rabu, 6 Januari 2021 | 09:00 WIB

Facebook Instagram WhatsApp

Banyak pengguna internet yang melakukan panggilan suara dan video melalui layanan Facebook, Instagram, dan Messenger saat pergantian tahun.

"Malam tahun baru adalah malam yang sibuk untuk layanan kami, tetapi tahun ini kami mencetak rekor baru," tulis Facebook dalam blog miliknya.

Facebook mengatakan WhatsApp kebanjiran 1,4 panggilan suara dan video saat tahun baru secara global. Angka itu menjadi rekor terbanyak dalam satu hari. Bahkan, pencapaian itu meningkat 50 persen dibandingkan tahun baru sebelumnya.

Layanan group video call Messenger juga mencetak rekor serupa, traffic group video call melonjak hingga 2 kali lebih tinggi dibanding hari biasa.

Di momen yang sama, Facebook dan Instagram turut mencatat lebih dari 55 juta live broadcast secara gabungan di seluruh dunia.

Menurut Technical Program Manager Facebook Caitlin Banford, sebelum pandemi Covid-19, lonjakan trafik di Facebook kebanyakan berasal dari kiriman pesan, unggahan foto, dan social sharing di malam pergantian tahun.

Keadaan berubah drastis pada Maret 2020. Ketika itu pandemi mulai melanda dunia sehingga ikut mendongkrak traffic layanan-layanan Facebook.

"Perayaan tahun baru kali ini sangat berbeda. Kami menyiapkan tim teknisi di aplikasi-aplikasi Facebook untuk mengantisipasi permasalahan sehingga dunia bisa merayakan 2021," ujar Banford.