Find Us On Social Media :

Libur di Rumah, 3 Indonesia Catat Peningkatan Penggunaan Gim Mobile

By Cakrawala, Rabu, 6 Januari 2021 | 21:30 WIB

Ilustrasi 3 Indonesia

Wabah COVID-19 yang masih berlangsung membuat banyak anggota masyarakat yang menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru yang lalu di rumah. Mengurangi aktivitas di luar rumah memang sejalan dengan imbauan Pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran COVID-19 tersebut. Hal itu berimbas pada meningkatnya penggunaan internet, seperti yang diutarakan oleh 3 Indonesia hari ini. Selain penggunaan internet yang meningkat, selama libur Natal dan Tahun Baru tersebut, 3 Indonesia juga mencatat peningkatan penggunaan gim mobile Garena Free Fire oleh penggunanya. Berinternet dan bermain gim menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan kerabat maupun pihak lain serta untuk hiburan selama libur bersangkutan.

“Dengan adanya pembatasan sosial selama perayaan natal dan tahun baru, para pelanggan kami menjadi lebih aktif menggunakan platform digital untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, atau untuk mengakses hiburan online, seperti mobile games. Para pelanggan kami pun memercayakan jaringan 3 Indonesia untuk mengakses mobile games secara mudah dan cepat. Kami juga bersyukur bahwa salah satu lembaga analitik seluler independen memberikan penilaian bahwa jaringan kami merupakan jaringan terbaik untuk bermain mobile games,” sebut Desmond Cheung (Chief Technical Officer 3 Indonesia).

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia menyebutkan peningkatan penggunaan internet pada jaringannya secara keseluruhan adalah 15% pada libur Natal dan Tahun Baru yang lalu. Sementara, untuk peningkatan penggunaan Garena Free Fire, 3 Indonesia menyebutkan sebesar 80%. Selain Garena Free Fire, 3 Indonesia juga mencatat empat aplikasi lain yang mengalami lonjakan penggunaan saat yang dimaksud. Keempat aplikasi itu adalah WhatsApp, TikTok, Instagram, dan Facebook. Adapun peningkatannya adalah 20% untuk WhatsApp dan 13% untuk lainnya.

Lonjakan lalu lintas data ini pun sudah diantisipasi oleh 3 Indonesia. Sebelumnya, 3 Indonesia mengklaim telah mengoptimasi jaringannya di ratusan point of interest di kawawan pemukiman dan titik keramaian. Namun, 3 Indonesia tak melupakan pengguna yang "berlibur" ke luar kota dengan menyediakan beberapa cell of wheel tambahan sepanjang tol Jakarta - Semarang.