Find Us On Social Media :

Lini Laptop 'Ultra' Ringan LG Gram Terbaru Siap Tampil pada CES 2021

By Cakrawala, Kamis, 7 Januari 2021 | 23:50 WIB

LG Electronics pastikan lini LG Gram terbarunya siap tampil pada CES 2021 yang akan datang.

LG Electronics hari ini memastikan bahwa lini LG Gram terbarunya siap tampil pada CES 2021 yang sebentar lagi berlangsung secara virtual. LG Gram adalah laptop "ultra" ringan yang hadir dengan beberapa pilihan ukuran diagonal layar. Bobot dari LG Gram bahkan bisa mencapai kurang dari 1 kg. Adapun lini LG Gram terbaru yang akan ditampilkan pada CES 2021 tentunya telah menggunakan komponen terkini seperti halnya prosesor Intel Core Generasi ke-11. Menariknya lagi, LG juga memutuskan untuk menggunakan aspect ratio 16:10 untuk layarnya dan bukannya 16:9 seperti yang digunakan oleh kebanyakan generasi sebelumnya. LG percaya kombinasi hal-hal tersebut bisa membuat pengguna LG Gram terbaru lebih produktif lagi.

“Desain baru yang membawa aspect ratio 16:10 dengan tetap mempertahankan bobot ringan, laptop LG Gram terbaru ini siap mendukung penggunanya mencapai tingkat produktivitas lebih tinggi dengan pengalaman visual lebih mendalam di manapun mereka menggunakannya,” ujar Jang Ik-hwan (Senior Vice President dan Head IT Business Unit LG Electronics Business Solution Company) sembari menjelaskan bahwa aspect ratio 16:10 yang lebih besar dibanding 16:9 dapat menampilkan lebih banyak informasi.

Lini LG Gram terbaru yang akan ditampilkan pada CES 2021 terdiri dari lima model. LG menyebutkan perbedaan utama di antara kelimanya adalah ukuran diagonal layar. Ukuran yang tersedia adalah dari 14 inci sampai 17 inci, tepatnya dua varian dengan ukuran diagonal layar 14 inci, dua varian dengan ukuran diagonal layar 16 inci, dan satu varian dengan ukuran diagonal layar 17 inci. LG Gram generasi sebelumnya dengan layar 17 inci memang memiliki aspect ratio 16:10, tetapi tidak dengan yang lainnya, seperti halnya yang 14 inci dan 15,6 inci. Kini, lini LG Gram terbaru seluruhnya hadir dengan layar yang memiliki aspect ratio 16:10. Adapun untuk color gamut-nya, LG menyebutkan sebesar 99% DCI-P3.

Sejalan dengan aspect ratio baru itu, LG juga meperbesar kibor dan touchpad. Tujuannya adalah untuk mempermudah penggunaan sekaligus memberi kecepatan yang lebih baik kepada pengguna ketika memanfaatkannya. Selain itu, LG juga membuat bingkai atau frame dari layar lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya. LG Gram terbaru ini memiliki screen to body ratio sampai 90%. Bingkai yang lebih tipis pun dipercaya bisa membuat pengalaman penggunaan lebih immersive.

Seperti telah disebutkan, lini LG Gram terbaru menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11. Namun, tak hanya itu, LG juga mengklaim LG Gram adalah perangkat Intel EVO. Dengan kata lain, LG Gram telah divalidasi Intel memenuhi persyaratan edisi kedua Project Athena. Lebih jelasnya mengenai Intel Evo bisa Anda lihat di sini.

Sementara, untuk bobotnya, LG Gram dengan ukuran diagonal layar 14 inci adalah yang paling ringan dengan 0,999 kg, sedangkan yang 17 inci adalah yang paling berat dengan 1,35 kg. Adapun untuk LG Gram yang memiliki layar dengan ukuran diagonal 16 inci, bobotnya adalah 1,19 kg.