Find Us On Social Media :

Microchip Sederhanakan Smart Home dengan Desain Referensi Baru MCP1012

By Cakrawala, Minggu, 10 Januari 2021 | 23:30 WIB

Tampilan 15W MCP1012 offline reference design.

Microchip belum lama ini mengumumkan kehadiran desain referensi barunya yang menggunakan MCP1012 di dunia. Desain referensi baru Microchip ini bisa menyederhanakan perangkat smart home atau rumah pintar karena antara lain mengurangi komponen yang diperlukan perangkat smart home tersebut. Microchip mengklaim desain referensi barunya yang memanfaatkan MCP1012 memungkinkan suatu perangkat menjadi tidak membutuhkan catu daya yang berfungsi memberikan bias untuk mengaktifkan perangkat bersangkutan. Dengan desain referensi baru Microchip, suatu perangkat bisa mengalihkan kontrol sehubungan daya ke MCU (microcontroller unit) sekunder. Penggunaan MCU sendiri memberikan kemampuan untuk diprogram dan fleksibilitas; sesuatu yang dibutuhkan berbagai perangkat smart home masa kini.

Selain MCP1012 yang merupakan auxiliary controller for secondary micro system atau auxiliary AC-DC controller, desain referensi baru Microchip juga menggunakan transformator Inde-Flux. Transformator Inde-Flux ini memanfaatkan teknologi transformator Inde-Flux milik Microchip, tetapi dibuat oleh Würth Elektronik eiSos. Dengan kata lain, Microchip melisensikan teknologi transformator Inde-Flux kepada Würth Elektronik eiSos dan Würth Elektronik eiSos yang membuat transformator Inde-Flux-nya. Melengkapi MCP1012 dan transformator Inde-Flux pada desain referensi baru Microchip adalah SAM seri D20 yang merupakan MCU 32 bit. Microchip pun menawarkan 15W MCP1012 offline reference design yang siap digunakan oleh produsen perangkat smart home untuk mempelajari desain referensi baru itu lebih jauh.

“Kombinasi teknologi Inde-Flux kami dalam transformator Würth Elektronik eiSos, AC-DC controller MCP1012 kami dan MCU 32 bit SAM seri D20 kami telah menciptakan solusi unik untukpengaturan daya secara offline,” ujar Rich Simoncic (Senior Vice President Unit Bisnis Analog, Daya dan Interface, Microchip). “Perangkat ini memungkinkan implementasi komunikasi dua arah yang lebih sederhana dan andal antara elemen primer dan sekunder yang digunakan dalam banyak aplikasi terisolasi yang memanfaatkan daya secara offline. Ketika solusi ini digunakan dalam sistem dengan MCU sekunder, pelanggan dapat merealisasikan penghematan hingga 60% dari area pasokan bias dan mengurangi biaya bahan baku bias sebesar $3 atau lebih,” tambahnya.

Microchip 15W MCP1012 offline reference design sudah tersedia di dunia dengan harga US$225 per unit. Sementara, Microchip MCP1012-V/EKA tersedia dengan harga US$0,4 per unit. Khusus Microchip MCP1012-V/EKA, pembeliannya adalah per 5.000 unit. Selain 15W MCP1012 offline reference design, terdapat pula DT100118 yang merupakan 1W evaluation board untuk MCP1012 dan dibanderol US$115 per unit.