Find Us On Social Media :

Raih Dana US$6 Juta, Zipmex Perluas Pertukaran Aset Digital

By Liana Threestayanti, Selasa, 12 Januari 2021 | 22:30 WIB

Zipmex mengumumkan penutupan putaran pendanaan terbarunya dengan total dana mencapai US$ 6 juta.

Perusahaan digital global, Zipmex, hari ini mengumumkan penutupan putaran pendanaan terbarunya dengan total dana yang berhasil dihimpun mencapai US$ 6 juta, melebihi target awal sebesar US$4 juta.

Putaran pendanaan kali ini dipimpin oleh Jump Capital, sebuah perusahaan modal ventura asal Amerika Serikat yang mengkhususkan diri pada perusahaan teknologi berbasis data, seperti lembaga penyedia layanan keuangan cryptocurrency BitGo dan komunitas investasi global TradingView.

Putaran pendanaan ini berhasil menghimpun dana sejumlah US$6 juta, melebih target awal sebesar US$4 juta. Peningkatan jumlah dana tersebut menyusul kenaikan pendanaan pra-Seri A sebesar US$3 juta pada September 2019 dan pendanaan putaran perdana senilai US$1,9 juta pada Januari 2019.

“Hari ini adalah momentum yang penting bagi kami semua di Zipmex,” ujar Marcus Lim, CEO Zipmex. “Kami sangat bangga memiliki ahli dalam industri seperti Jump Capital yang memimpin putaran pendanaan ini. Jump Capital memiliki banyak pengalaman di bidang ini dan memiliki jaringan luas yang bisa menjadi aset berharga karena kami berkeinginan untuk membuat semua orang bisa mengakses investasi aset digital,” imbuhnya. 

Ingin menjadi platform digital terbesar di Asia Pasifik untuk asset exchange, dana yang dihimpun akan digunakan untuk diversifikasi penawaran produk-produk Zipmex, termasuk memperluas produk berbunga ZipUp dan token digital ZMT.

Diluncurkan di akhir 2019, Zipmex memungkinkan para investor melakukan pertukaran aset digital termasuk Bitcoin dan Ethereum. Zipmex bermitra dengan BitGo untuk menawarkan polis asuransi dompet digit senilai hampir US$100 juta.

Hingga saat ini, volume transaksi bruto Zipmex mencapai lebih dari US$650 juta sejak peluncuran perdananya dan memiliki lebih dari 100.000 user.

“Zipmex menyediakan bursa aset digital yang inovatif, terpercaya, dan teregulasi di kawasan Asia Pasifik,” kata Peter Johnson, Jump Capital Partner. “Kami percaya pada misi perusahan dan masa depan investasi aset digital di Asia. Kami berharap dapat bekerja sama dengan tim Zipmex karena mereka terus memimpin industri dalam inovasi dan kualitas layanan,” lanjut Peter.

Pendanaan berlangsung di saat investasi aset digital sedang melonjak. Bulan ini, Bitcoin mencetak rekor harga tertinggi sepanjang masa sebesar US$41,941, sementara lebih dari US$ 20 miliar telah tersimpan dalam protokol keuangan terdesentralisasi.

Memanfaatkan tren ini, Zipmex baru-baru ini meluncurkan salah satu produk tabungan paling inovatif mereka ZipUp dan token perdagangan ZMT.

Sejak diluncurkan tiga bulan lalu, Zipmex mengklaim bahwa ZipUp telah menerima permintaan yang signifikan dari investor ritel dan telah mengumpulkan lebih dari US$ 40 juta dana simpanan.

"ZipUp dan ZMT hadir karena adanya perubahan dalam industri dan meningkatnya permintaan investor untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi pada aset mereka. Kami melihat peluang besar bagi aset digital untuk tumbuh, terutama dengan inovasi teknologi dari protokol dan solusi keuangan terdesentralisasi. Ini adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk melihat disrupsi sektor keuangan," tambah Marcus Lim.

Perusahaan modal ventura asal Amerika Serikat, Jump Capital telah berinvestasi di Zipmex dengan dana segar sebesar US$ 200 juta. Portofolio Jump Capital meliputi lebih dari 60 perusahaan di sektor fintech, IT dan data, B2B SaaS, dan bisnis di sektor media. 

Jump Capital telah berinvestasi di banyak perusahaan investasi dan startup digital ternama seperti BitGo, Bitso, Curv, M1 Finance, Personal Capital, dan TradingView. Perusahaan induknya, Jump Trading LLC, mendukung perdagangan crypto tidak berbayar Robinhood.