Find Us On Social Media :

LINE Versi Desktop Rilis 2 Update, Login Tanpa Password & Chat Folder

By Rafki Fachrizal, Rabu, 13 Januari 2021 | 20:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi LINE

Aplikasi pesan instan LINE menghadirkan dua update (pembaruan) untuk pengguna aplikasinya di perangkat desktop.

Pertama, fitur login tanpa password. Tersedia untuk aplikasi LINE di desktop versi 6.5 ke atas, fitur ini memungkinkan pengguna login tanpa menggunakan password dan menggantinya dengan autentikasi biometrik.

“Fitur baru ini menggunakan standar FIDO sehingga dapat menghilangkan kebutuhan menggunakan kata kunci, mengurangi kemungkinan login dari pihak yang tak diinginkan, dan menambah tingkat keamanan serta kenyamanan menggunakan aplikasi LINE,” tulis keterangan LINE yang diterima InfoKomputer.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna pertama kali harus mendaftarkan informasi biometrik di smartphone dan menghubungkannya ke akun LINE.

Pengguna kemudian bisa membuka aplikasi LINE di desktop, memverifikasi nomor telepon, dan mengklik “Log in with smartphone” guna menghubungkan LINE di desktop dengan smartphone.

Setelah itu, pengguna hanya perlu mengikuti instruksinya agar prosesnya selesai.

Ketika masuk ke dalam aplikasi LINE di desktop untuk pertama kalinya, pengguna akan diminta untuk memverifikasi indentitas dengan menggunakan 6 digit nomor verifikasi yang ditampilkan di layar smartphone.

Baca Juga: Klarifikasi soal Kebijakan Baru Whatsapp yang Kontroversial Itu

Selanjutnya, fitur kedua yaitu Chat Folder. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola ruang percakapan di LINE ke dalam sejumlah kategori, yakni All, Friends, Groups, Official Accounts, dan OpenChats.

Untuk mengaktifkan fitur ini, langkah yang harus dilakukan pengguna cukup mudah. Pertama-tama, pengguna harus membuka Pengaturan di LINE Desktop, kemudian pilih "Chat atau Obrolan" dan centang kotak Chat Folder.

Fitur menarik lain yang bisa ditemukan di dalam Folder Obrolan untuk LINE di desktop adalah "Bisukan Folder Obrolan".

Pengguna tinggal mengklik Folder Obrolan yang mereka ingin bisukan dan fitur ini akan muncul. Setelah mengklik fitur ini, notifikasi folder tersebut akan senyap.

Baca Juga: Desain Baru LINE Lebih Intuitif, Makin Ramah Ponsel Layar Kecil