Find Us On Social Media :

Bagaimana Solusi Data Backup Veeam Membantu Suntory Garuda Beverage

By Wisnu Nugroho, Senin, 18 Januari 2021 | 10:26 WIB

Habisanti (Country Manager Veeam Indonesia)

Saat ini, data menjadi bagian krusial dari strategi perusahaan. Dengan memanfaatkan data, perusahaan bisa menyusun strategi yang tajam dan tepat dalam menjawab tantangan bisnis. Karena itulah muncul istilah data driven company, yaitu perusahaan yang menjadikan data sebagai basis utama pengambilan keputusan.

Mimpi menjadi data driven company inilah yang kini diwujudkan Suntory Garuda Beverage (SGB). Melalui inovasi di area infrastruktur TI dan storage, Suntory Garuda saat ini memiliki data warehouse yang dapat menyajikan data dengan cepat. Kemampuan ini sangat membantu Suntory Garuda memasarkan produk andalan mereka seperti Okky Jelly Drink, Mountea, MYTEA, dan Good Mood. 

Baca Juga: Strategi Suntory Garuda Beverage mengembangkan infrastruktur TI yang mendukung mimpi menjadi data drive company

Salah satu aspek penting dari infrastruktur TI Suntory Garuda adalah di sistem backup dan replikasi. Di area ini, Suntory Garuda menggunakan Veeam Backup & Replication, solusi yang berfungsi melakukan backup otomatis dan terjadwal dari data produksi.

“Veeam mempunyai peran yg penting di project data warehouse Suntory Garuda,” ungkap Habisanti (Country Manager Veeam Indonesia). “Dengan menggunakan solusi backup dari Veeam, Suntory Garuda dapat melakukan backup secara otomatis dan terjadwal, serta dapat memulihkan kembali aplikasi dan data jika terjadi suatu kesalahan,” ungkap Habisanti.

Habisanti juga melihat, solusi Veeam menjadi semakin relevan di masa pandemi seperti saat ini. Ketika banyak perusahaan mengadopsi sistem kerja Work From Home, tim TI dituntut untuk tetap menjamin aktivitas infrastruktur TI. Dengan sistem yang serba otomatis dan terjadwal seperti Veeam, kerja dari tim TI pun menjadi lebih ringan.

Solusi Terdepan

Peranan Veeam di Suntory Garuda juga semakin menegaskan kiprah perusahaan yang memiliki kantor pusat di Baar, Swiss ini. Saat ini, Veeam memiliki 400 ribu pelanggan di seluruh dunia, termasuk 83% dari perusahaan di Fortune 500 dan 69% dari Global 2000. Solusi Veeam juga masuk kategori Leader di magic quadrant Gartner.

Veeam sendiri memiliki beberapa solusi seputar backup dan replikasi data. Solusi Veeam meliputi:

Solusi Veeam juga memiliki sistem lisensi yang sangat simpel. Dengan konsep software-defined, lisensi Veeam memiliki fleksibilitas digunakan untuk hardware yang menjadi preferensi pelanggan. Veeam juga menawarkan tipe lisensi Veeam Universal License (VUL), sehingga pelanggan cukup menggunakan satu lisensi untuk backup di berbagai instances, baik di virtual machine, physical server, maupun di cloud.

Yang tak kalah penting, Veeam selalu mendapatkan nilai tertinggi dari sisi kepuasan pelanggan. Hal ini tidak lepas dari keseriusan Veeam dalam mengembangkan solusi yang menjawab kebutuhan konsumen. Begitu pula dengan support atau dukungan kepada pelanggan. “Veeam memiliki ekosistem partner yang kuat di seluruh dunia, termasuk Indonesia,” ungkap Habisanti.

Jika Anda tertarik mengimplementasikan teknologi terdepan dari HPE dan Veeam, silakan mengisi form ini. Akan ada hadiah menarik untuk 20 pertama yang mengisi form tersebut.