Find Us On Social Media :

Tak Kalah dengan WhatsApp, Apa Saja Fitur-fitur Menarik Signal?

By Adam Rizal, Senin, 18 Januari 2021 | 13:00 WIB

Signal

Saat ini banyak aplikasi pesan yang ada, mulai dari WhatsApp, Telegram, Line, Messenger hingga Signal.

Aplikasi Signal cukup menarik perhatian karena jumlah penggunanya yang naik signifikan dalam beberapa pekan, menyusul kebijakan WhatsApp yang akan menyetorkan data pengguna ke Facebook.

Signal pun memiliki fitur-fitur yang tidak kalah menarik dengan aplikasi pesan lainnya. Berikut fitur-fitur Signal:

1. Mendukung Percakapan Personal dan Grup

Tentu saja, ini adalah fungsi aplikasi chatting modern. Sayangnya Signal tidak menyebutkan secara pasti batasan jumlah anggota percakapan grup.

2. End to end encryption

Signal merupakan produk dari Open Whisper Systems. Protokol yang ada di Signal kemudian juga dipakai di WhatsApp, Messenger, Skype, dan Google Allo.

Metode enkripsi ini sudah melalui proses audit (sering diperdebatkan dengan MTproto yang dipakai Telegram yang sering disebut belum teruji).

3. Disappearing Message

Fitur ini memungkinkan pengirim mengatur seberapa lama pesan ditampilkan kepada penerima. Pengirim pesan bisa memilih durasi waktu 5 detik sampai dengan 7 hari.

Setelah mencapai waktu yang dipilih, pesan akan secara otomatis terhapus. Cara mengaktifkan fitur ini dengan membuka percakapan, lalu klik profil kamu, setelah itu akan ada opsi 'Disappearing Message' dan tinggal aktifkan.

4. Mengunci Aplikasi

Kamu bisa mengunci aplikasi Signal sehingga pesan tidak bisa dilihat oleh mereka yang iseng membuka aplikasi ini di handphone-mu. Kamu bisa membukanya seperti screen lock Android (misalnya dengan sidik jari).

5. Mendukung Voice dan Video Call

Bisa melakukan panggilan suara dan video juga sudah jadi standar komunikasi. Signal bisa melakukan kedua hal ini. Bahkan kamu bisa melakukannya melalui proses enkripsi.

6. Mendukung Berbagai File

Sama seperti aplikasi chatting lain, kamu bisa mengirim berkas gambar/foto, video, audio, atau dokumen. Kamu juga bisa memilih koneksi untuk mengunduh berkas itu (Wi-Fi vs data seluler).

7. Mendukung Emoji dan GIF

Emoji dan GIF sudah menjadi salah satu cara ekspresi dalam percakapan. Signal juga sudah mendukungnya. Tapi memang belum ada stiker di sini. Ada, tapi stiker yang ditambahkan ke foto, bukan jenis seperti stiker WhatsApp, stiker Telegram, atau LINE.

8. Mendukung Berbagai Platform

Sama seperti aplikasi chatting lain, kamu juga bisa menggunakan Signal di Android, iOS, atau di komputer melalui browser (aplikasi web). Ada ekstensi Signal di browser Google Chrome untuk mempermudah akses di komputer.

Baca Juga: Ini Alasan Banyak Pengguna Ingin Unduh Aplikasi Signal Sekarang

9. Bisa jadi aplikasi SMS/MMS

Di Android, kamu juga bisa memakai aplikasi Signal sebagai aplikasi Pesan utama untuk SMS dan MMS. SMS dan MMS tidak melalui proses enkripsi.

10. Mendukung Tema Aplikasi

Di aplikasi Signal, kamu bisa memilih tema terang dan gelap. Kalau terang, aplikasi akan bernuansa biru dan putih, sementara kalau gelap akan berwarna hitam.

11. View-once Media

Pengirim pesan mungkin hanya ingin menunjukkan sebuah foto atau video dan tak ingin penerima pesan menyimpan file tersebut.

Dengan fitur View-once Media, foto atau video yang dikirim akan terhapus secara otomatis begitu penerima membuka file. Cara menggunakan fitur ini, dengan menekan ikon 'infinity' sebelum mengirim file gambar atau video.

12. Signal Pin

Signal Pin merupakan gerbang pengaman agar orang lain tidak dapat meregistrasi nomor seluler yang sama pada aplikasi Signal di perangkat lain.

Jika pengguna sudah mengaktifkan pin, maka pin tersebut harus dimasukkan ketika registrasi lewat perangkat lain dengan nomor seluler yang sama.

13. Konfirmasi Video Call

Saat menjawab video call di aplikasi Signal, video di perangkat penerima panggilan tidak secara otomatis aktif.

Video baru akan aktif ketika pengguna mengaktifkan kameranya. Fitur ini memberikan pilihan kepada pengguna apakah bersedia menampilkan video kepada orang yang menelpon.

14. Grup Video Call di Desktop

Berbeda dari WhatsApp, Signal juga menawarkan pilihan untuk melakukan grup video call di perangkat laptop atau PC.

Cara melakukan video call di grup Signal pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu memilih kontak, menambahkan nama ke grup, dan klik ikon video call.

15. Tautkan Berbagai Perangkat

Pengguna dapat memakai atau mengakses Signal di berbagai perangkat sebanyak mungkin, tidak seperti WhatsApp.

Kamu dapat menggunakan Signal di smartphone, laptop, tablet, atau perangkat lain dalam waktu yang bersamaan.

16. Dark Model

Seperti aplikasi yang ada saat ini, Signal juga menyediakan opsi untuk mengubah tampilan dalam mode dark atau light. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengaksesnya di menu Settings > Appearance, dan aktifkan dark/light mode.

17. Tanda Sudah Dibaca

Serupa dengan WhatsApp, Signal juga ada opsi untuk memberitahukan lawan bicara pesan mereka sudah dibaca.

Fitur ini juga dapat diaktifkan atau dinonaktifkan bila memang diperlukan. Cara mengaktifkannya, masuk ke menu Settings > Privacy > dan cari di tab Communication.

Selain itu, fitur Typing indicators ini dapat diaktif atau dinonaktifkan untuk melihat apakah kamu atau lawan bicara di Signal sedang mengetik (typing).

Baca Juga: Makin Moncer, Begini Cara Pasang Aplikasi Signal di Smartphone Android