Find Us On Social Media :

Penyebab Samsung Hentikan Produksi Flagship Varian Galaxy S20

By Adam Rizal, Kamis, 21 Januari 2021 | 12:00 WIB

Samsung Galaxy S20

Samsung menghentikan produksi flagship Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20 Plus, dan Samsung Galaxy S20 Ultra. Keputusan itu diambil usai Samsung meluncurkan jajaran smartphone seri Galaxy S21.

Penjual smartphone di Amerika Serikat dan Inggris mengakui stok Samsung Galaxy S20 telah habis dan banyak juga yang menjual varian Samsung Galaxy S20 dengan harga murah sehingga lebih cepat terjual.

Situs resmi Samsung di AS dan Inggris juga menunjukkan varian Samsung Galaxy S20 telah habis, begitu juga pada platform penjualan elektronik Best Buy dan Mobiles.co.uk.

Beberapa pakar menilai pemberhentian penjualan dan produksi smartphone merupakan praktik yang umumnya dijumpai tetapi jarang terjadi dalam waktu yang sesingkat ini seperti dikutip TechRadar.

Biasanya, vendor smartphone menghentikan produksi smartphone dalam kurun waktu dua tahun usai peluncurannya. Karena itu, beberapa pakar menilai Galaxy S20 tidak berhasil melewati batas tahun pemasaran dan penjualan Samsung Galaxy S20 tidak laku di pasar.

Penjualan dimulai lambat dan dinilai tidak pernah meningkat seperti yang dilakukan perangkat Samsung sebelumnya. Ditambah lagi harga Samsung Galaxy S21 yang tersedia lebih murah dibandingkan dengan seri Samsung Galaxy S20.

Kendati demikian Samsung menjawab akan tetap menjual Samsung Galaxy S20 FE di beberapa wilayah.

"Samsung akan terus menjual Samsung Galaxy S20 FE. Ketersediaan Galaxy S20 juga masih ada di beberapa wilayah," tulis Samsung.

Samsung telah menghentikan produksi dan penjualan, pembeli masih bisa mendapatkan smartphone tersebut di pengecer lain dengan model refurbished yang harganya jauh lebih murah.

Melansir GizChina, sudah merupakan hal yang wajar perusahaan melakukan pemberhentian produksi dan penjualan di seri tertentu. Namun beberapa pakar menilai Apple bisa menjual seluruh seri smartphone dengan waktu yang lama di pasaran di banding Samsung.

Samsung dianggap tidak pernah melakukan hal tersebut, untuk menjaga harga dan populasi produksinya di pasaran dan kini terjadi kembali di tahun ini. Pihaknya secara diam-diam melakukan pemberhentian produksi, setelah beberapa hari lalu memperkenalkan seri terbarunya yaitu Galaxy S21.