Find Us On Social Media :

Tahun Baru, Yoonsoo Kim Jadi Bos Samsung Electronics Indonesia

By Indah PM, Jumat, 22 Januari 2021 | 14:30 WIB

Yoonsoo Kim (President Samsung Electronics Indonesia)

Membuka 2021, Samsung memperkenalkan Yoonsoo Kim sebagai President Samsung Electronics Indonesia yang baru. Kim telah bergabung dengan Samsung lebih dari 20 tahun, dan menjabat sebagai Presiden Samsung Electronics Malaysia pada 2018-2020 sebelum ke Indonesia.

Pada 2009-2012, Kim memimpin divisi Mobile Phone Samsung Electronics Indonesia. Di bawah kepemimpinannya Samsung berhasil merebut posisi nomor satu di pasar android phone sejak 2011. Keberhasilan Kim berlanjut saat meraih posisi sebagai pemimpin pasar smartphone Indonesia sejak 2012.

Kini Kim dipercaya memimpin Samsung untuk pasar Indonesia. Berbekal pengalamannya, ia pun merasa optimis.  “Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi yang sangat besar, ditandai dengan jumlah usia produktif yang mencapai 68,7% dari total populasi, keempat terbesar di dunia, yang disertai keragaman budaya yang dinamis," sebut Kim.

Dedikasi Yoonsoo Kim di Samsung telah berjalan sejak 1998 kala ia memulai karir profesionalnya di Samsung Electronics Mobile Business di Eropa. Fase kedua dalam perjalanan karirnya dilanjutkan di Samsung Electronics Indonesia ketika ia berkesempatan menjabat sebagai IT and Mobile Division Head. Walhasil, Kim paham bagaimana pasar Indonesia memiliki tantangan tersendiri dan potensi yang besar dibanding pasar lainnya. Kemudian ia melanjutkan karirnya sebagai Presiden Direktur Samsung Electronics Kazakhstan, sebelum pindah ke Tiongkok dan Malaysia.

Salah satu tantangan bagi Kim ke depannya adalah membawa konektivitas terhadap inovasi mutakhir yang dihadirkan Samsung ke dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

Peraih gelar Master of Business Administration (MBA) dari Thunderbird School of Global Management, Arizona, ini berharap dengan kepemimpinan barunya tidak hanya dapat menguatkan posisi Samsung Electronics dan membawa pertumbuhan pasar Indonesia, tetapi juga menjadi tempat bekerja sekaligus bermain, serta memberikan peluang sebesar-besarnya untuk meraih mimpi dalam berkarir.