Find Us On Social Media :

Berjanji Tak Naikkan Harga, Ini Strategi Biznet Raup 'Cuan' Tahun ini

By Adam Rizal, Jumat, 22 Januari 2021 | 10:50 WIB

Vice President Marketing Biznet Yudie Haryanto

Biznet mengalami pertumbuhan pengguna yang cukup signifikan di tahun 2020 berkat pandemi COVID-19. Memasuki tahun 2021, penyedia layanan internet ini memiliki sejumlah strategi untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Vice President Marketing Biznet Yudie Haryanto mengatakan Biznet mencatat lebih dari 700.000 pengguna Homepassed dan Biznet berharap pencapaian tahun lalu bisa tumbuh hingga dua kali lipat pada tahun ini. Biznet berharap dapat menambah jumlah pelanggan internet rumah hingga 30–40 persen pada tahun ini, dibandingkan dengan 2020.

"Kita harapkan apabila berjalan dengan baik untuk target pertumbuhan Homepass ini bisa mencapai angka 1,5 juta Homepass. Kalau bisa dibilang dua kali lipat dari yang kita punya saat ini di awal Januari," kata Yudi dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/1/2021).

Biznet memprediksi pandemi Covid-19 akan makin mendorong adopsi digital, sehingga peluang untuk tumbuh makin terbuka luas. Karena itu, Yudi mengungkapkan beberapa strategi Biznet untuk mencapai targetnya tersebut.

Pertama, memperluas jaringan di daerah yang telah mendapatkan layanan Biznet. Perluasan jaringan ini akan dilakukan di beberapa daerah perumahan di Pulau Jawa dan Bali termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Surabaya, Sidoarjo dan Denpasar.

Selain itu Biznet juga saat ini sedang membangun rute jaringan fiber di kota-kota perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Cepu, Ngawi, Madiun, Ponorogo dan Trenggalek. Jaringan ini diharapkan selesai pada kuartal pertama 2021.

"Ini bisa membuat kami mempunyai desain yang bisa dibilang sebagai backup route sehingga apabila ring satu terputus, maka kami bisa memudahkan untuk mencari route-route yang lain untuk bisa mengembalikan performance network jika terjadi gangguan," jelas Yudi.

Pandemi COVID-19 masih akan menjadi tantangan bagi bisnis Biznet ke depannya, khususnya dari segi enterprise di mana banyak pelanggan bisnis Biznet yang terkena dampak pandemi. Untuk itu, bisnis consumer dijadikan fokus oleh Biznet untuk membantu sektor yang kesulitan.

Biznet juga tidak akan mengeluarkan banyak produk baru pada tahun ini dan berjanji tidak akan menaikkan harga paket internet rumahan dan justru akan menawarkan lebih banyak promo.

"Kita tidak akan melakukan kenaikan dari sisi harga yang tentunya akan membuat orang jadi sulit untuk mendapatkan internet broadband yang stabil," jelas Yudi.

Yudi mengatakan saat ini masyarakat mendambakan layanan internet cepat yang stabil. Biznet berupaya untuk memenuhi ekspektasi masyarakat. Yudie menambahkan keunggulan layanan Biznet, selain cepat dan stabil, pelanggan juga berpeluang mendapat harga berlangganan yang terjangkau. Beberapa promo yang akan ditawarkan adalah program promo beli 6 bulan gratis 6 bulan atau promo beli 5 bulan gratis 1 bulan

"Kami memikirkan banyak pihak, memikirkan banyak ekosistem sehingga internet broadband yang stabil bisa didapatkan dengan harga terjangkau," pungkasnya.

Cakupan Biznet

Sampai saat ini, jaringan Biznet telah tersedia di lebih dari 110 kota yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Batam, Kalimantan dan juga Sulawesi. Dengan lebih dari 50 ribu kilometer (km) kabel fiber optic yang telah digelar.

Jaringan Biznet didukung oleh oleh The New Biznet Fiber, yang merupakan jaringan fiber berteknologi terdepan dengan performa terbaik dan menghadirkan kapasitas yang jauh lebih besar untuk mengakomodir tantangan teknologi dan digital di masa depan.

Proses perluasan jaringan di tahun ini akan dijalankan oleh Biznet secara masif. Tidak hanya fokus pada perluasan jaringannya saja, tetapi juga dibarengi dengan membuka lebih banyak kantor cabang Biznet yang diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan.

Di area Jabodetabek, per tahun ini Biznet telah memiliki tiga kantor cabang di Bekasi, dua kantor cabang Bogor, dua kantor cabang di Depok, 17 kantor cabang di DKI Jakarta, tiga kantor cabang di Tangerang, dan empat kantor cabang di Tangerang Selatan.

Untuk area Denpasar, Biznet saat ini telah memiliki empat kantor cabang yang akan semakin mendukung Bali secara keseluruhan, yang semenjak pandemi telah menjadi salah satu destinasi remote working terbaik di dunia. Lalu di Provinsi Jawa Timur, Biznet juga fokus pada pembukaan beberapa kantor cabang baru yang hingga ini telah resmi membuka enam kantor cabang untuk memberikan layanan terkait koneksi Internet WiFi cepat dan stabil untuk mendukung kegiatan digital masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya.

Bagi pelanggan yang berada di area yang kini telah tercakup jaringan Biznet, apabila pelanggan yang melakukan registrasi di awal tahun ini Biznet menghadirkan program Promo Beli 6 Bulan Gratis 6 Bulan, menawarkan paket berlanggan layanan Biznet Home yang lebih hemat bagi keluarga di rumah. Info lengkap kunjungi biznethome.net/promo.

Untuk wilayah Tangerang Selatan, kehadiran Biznet di kota tersebut mendapat respon yang sangat positif dari warga. Baru-baru ini, Biznet juga telah resmi membuka dua kantor cabang di wilayah tersebut, yaitu Kantor Cabang Tangerang Selatan - Bintaro dan Kantor Cabang Tangerang Selatan – Cirendeu, yang akan fokus melayani kebutuhan pelanggan di kedua wilayah tersebut.

PrimaMedix

Biznet bersama dengan PrimaMedix berinisiatif untuk melakukan langkah konkret dengan turut serta mengambil bagian dalam membantu pihak-pihak yang membutuhkan, diantaranya melalui Program Donasi Masker PrimaMedix ke beberapa Rumah Sakit yang ada di Kota Denpasar, DKI Jakarta, Surabaya, Bekasi, Depok dan juga Kota Sidoarjo.

Tidak hanya itu, Biznet juga bekerja sama dengan PrimaMedix dalam menjalankan program bagi-bagi masker kepada pelanggan setia Biznet, yang diharapkan dapat memberikan perlindungan kesehatan yang maksimal di masa pandemi.

Pada kesempatan yang sama, Adi Kusma juga mengungkapkan kebanggannya atas keberhasilan Biznet menjadi penyedia layanan Internet (ISP) dengan kecepatan Internet tertinggi untuk streaming Netflix, berdasarkan data yang baru-baru ini dirilis oleh Netflix di situs https://ispspeed.netflix.net/country/indonesia.

“Pencapaian ini menjadi semangat bagi kami dalam mengawali tahun 2021, yang memotivasi seluruh tim Biznet untuk terus menghadirkan yang terbaik bagi pelanggan. Terima kasih atas dukungan seluruh pelanggan selama ini, dan semoga Biznet dapat terus dipercaya untuk menghadirkan koneksi Internet WiFi cepat dan stabil yang mendukung aktivitas digital seluruh pelanggan setia kami,” tutup Adi.