Find Us On Social Media :

DANA Tingkatkan Keamanannya dengan ISO 27001 dan Pengenalan Wajah

By Cakrawala, Jumat, 22 Januari 2021 | 23:40 WIB

Ilustrasi DANA.

DANA hari ini mengumumkan telah meningkatkan sistem keamanannya dengan sertifikasi ISO 27001:2013 dan memperluas fitur pengenalan wajah alias face verification-nya. DANA mengklaim senantiasa berupaya meningkatkan sistem keamanannya, baik dengan pengembangan yang menghadirkan fitur-fitur proteksi, maupun melalui penerapan sistem keamanan berstandar internasional. Dengan penerapan sistem keamanan yang ditingkatkan ini, DANA berharap bisa meningkatkan kepercayaan pengguna dan mitra terhadap platformnya.

ISO 27001:2013 merupakan salah satu standar yang menjadi best practice dalam hal pengelolaan keamanan informasi oleh organisasi-organisasi besar di dunia. Untuk mendapatkan sertifikasi ini tidak mudah karena harus melalui proses audit yang ketat oleh auditor yang tersertifikasi. Hal Ini menjadi bukti komitmen DANA untuk menjamin keamanan data informasi pelanggan termasuk mitra DANA Bisnis yang sebagian besar adalah UMKM,” sebut Vince Iswara (CEO dan Co-founder DANA).

DANA sendiri mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013 pada bulan Desember 2020 lalu. DANA pun menegaskan bahwa dengan diperolehnya sertifikasi ISO 27001:2013, hal tersebut menandakan DANA telah menerapkan metode yang komprehensif dan memenuhi segala persyaratan keamanan yang ketat dalam mengelola risiko keamanan dari proses bisnis yang berhubungan dengan perlindungan data pelanggan.

DANA menambahkan, keberhasilan mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013 juga sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi Pemerintah Indonesia. Adapun regulasinya secara spesifik adalah Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi serta Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik.

Sebelumnya, DANA sudah pula mendapatkan sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Sertifikasi ISO 27001:2013 tentunya melengkapi sertifikasi PCI-DSS itu dan meningkatkan sistem keamanan DANA.

Sementara, untuk pengenalan wajah, kini DANA menggunakan pemindaian wajah untuk penarikan uang oleh pengguna DANA Bisnis. DANA Bisnis sendiri ditujukan untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis daring maupun luring. Dengan DANA Bisnis, UMKM dapat mengajukan kepada konsumen untuk melakukan pembayaran dengan nyaman dan aman melalui QRIS. Selain memberikan kemudahan bagi pelaku usaha yang menggunakan DANA Bisnis dalam penarikan uang, DANA menyebutkan pemindaian wajah tersebut juga untuk mencegah jual beli akun antarpengguna.