Find Us On Social Media :

Strategi Perusahaan Tetap Bertahan dan Untung Selama Pandemi

By Adam Rizal, Sabtu, 23 Januari 2021 | 16:00 WIB

Arun Kumar J (Regional Sales Director, Asia Pacific, ManageEngine)

Transformasi digital telah menjadi agenda organisasi/ perusahaan di seluruh dunia bahkan sebelum pandemi.

Pandemi Covid-19 hanya mempercepat inisiatif tersebut dan tren ini bakal tetap menjadi tatanan di masa mendatang.

Arun Kumar J (Regional Sales Director, Asia Pacific, ManageEngine) melihat telah terjadi penyerapan cloud yang sangat besar oleh UKM dan perusahaan selama 12-16 bulan terakhir.

"Dengan keprihatinan atas data yang kini tersebar secara geografis, keamanan siber tidak diragukan lagi menjadi bidang untuk menuangkan investasi," katanya dalam wawancara tertulisnya, Sabtu (23/1).

Arun mengatakan perusahaan menghadapi sejumlah tantangan yaitu kurangnya pelatihan yang memadai untuk karyawan dan bagaimana budaya perusahaan memainkan peran kunci dalam mendorong inisiatif inovatif.

"Hambatan ini mencegah perusahaan menerapkan teknologi baru dan menyadari manfaat penuhnya," katanya.

Arun melihat pandemi corona telah memberi peluang bisnis kepada perusahaan untuk memikirkan kembali strategi dan membangun infrastruktur yang siap untuk masa depan. Misalnya, mereka akan dapat meningkatkan efisiensi dengan mengotomatiskan tugas-tugas biasa. Secara signifikan, ini juga membebaskan sumber daya, yang dapat digunakan dengan lebih baik di tempat lain. "Mereka bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar atas investasi mereka dengan memanfaatkan teknologi," ujarnya.

ManageEngine sebagai perusahaan penyedia solusi TI menawarkan seluruh spektrum manajemen TI dan memungkinkan pelanggan menjadi gesit saat mereka menavigasi transformasi digital mereka.

"Solusi kami membantu tim TI dengan manajemen layanan, manajemen operasi, manajemen endpoint, keamanan TI, serta analitik data. Semua tersedia baik di tempat kerja dan di cloud," ucapnya.

"Kami menawarkan nilai yang luar biasa bagi tim TI karena mereka tidak perlu bekerja sendiri-sendiri dan dapat menikmati pengalaman yang lancar sambil mengelola TI organisasi mereka. Semua produk kami tersedia dengan harga yang sangat terjangkau dan memberikan ROI yang bagus untuk para pelanggan kami," pungkasnya.

Pasar Indonesia

ManageEngine melihat Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga bagi kami di Asia Tenggara. ManageEngine telah memperoleh lebih dari 500 pelanggan tingkat perusahaan dan strategis dalam 5 tahun terakhir.

"Kami akan terus meningkatkan kehadiran kami di Indonesia dan memperluas jaringan mitra kami di sana. Kami juga akan mempekerjakan lebih banyak sumber daya lokal termasuk manajer akun, selain terus melatih personel yang ada untuk menawarkan dukungan yang lebih baik kepada pelanggan kami," pungkasnya.