Find Us On Social Media :

LINE: Durasi Panggilan Grup Meningkat Signifikan pada Tahun 2020

By Cakrawala, Senin, 25 Januari 2021 | 18:30 WIB

Ilustrasi LINE.

LINE hari ini menyampaikan perihal kenaikan durasi panggilan grup di platformnya pada tahun 2020 lalu, tepatnya pada bulan Desember, bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan, secara global, LINE mengklaim peningkatan durasi panggilan grup yang terjadi adalah signifikan. LINE meyakini pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak kuartal pertama tahun 2020 menjadi salah satu penyebab dari kenaikan tersebut. Sejalan dengan itu, LINE pun menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2020, dirinya terus memperbarui layanan miliknya sehingga bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19 bersangkutan.

“Kondisi pandemik yang mendorong kita untuk tinggal di rumah dan tetap terhubung melalui layanan aplikasi komunikasi menjadi salah satu faktor meningkatnya penggunaan layanan panggilan di LINE,” ujar Matthew Tanudjadja (Product & Engineering Lead LINE Indonesia). “Selain itu, sepanjang tahun 2020 lalu LINE juga terus berinovasi dengan mengeluarkan ragam pembaruan untuk layanan panggilan miliknya yang bermanfaat bagi pengguna, seperti Watch Together di mana pengguna bisa menonton konten YouTube bersama-sama saat melakukan panggilan grup, LINE Meeting yang memungkinkan bertatap muka secara online hingga 500 orang, dan LINE Avatar yang membuat pengguna bisa berkomunikasi di grup dengan menggunakan avatar yang mereka buat di LINE,” tegasnya.

Selain durasi panggilan grup, LINE juga mencatat terjadi kenaikan signifikan pada durasi panggilan video dan pada rata-rata durasi panggilan 1:1. Adapun besarnya peningkatan yang terjadi adalah sebesar 100% untuk durasi panggilan grup pada bulan Desember 2020 dibandingkan bulan Desember 2019. Sementara, besarnya peningkatan yang terjadi adalah sebanyak 68% untuk durasi panggilan video dan sejumlah 90% untuk rata-rata durasi panggilan 1:1. Keduanya pun bila membandingkan antara bulan Desember 2020 dengan bulan Desember 2019. LINE menambahkan pula bahwa peningkatan yang terjadi bukan hanya pada bulan Desember 2020. Bahkan, puncaknya sebagian bukan pada bulan Desember itu.

Adapun fitur baru yang dihadirkan LINE pada tahun 2020, seperti telah disebutkan, antara lain adalah Watch Together dan LINE Meeting. Watch Together memungkinkan pengguna LINE untuk menonton YouTube bersama-sama pengguna Line yang lain pada panggilan grup LINE. Dengan kata lain, para pengguna LINE itu tidak perlu berpindah platform untuk menonton YouTube secara bersama-sama. Sementara, LINE Meeting membolehkan "pertemuan" dalam jumlah besar. LINE Meeting bisa menampung sampai 500 pengguna.