Find Us On Social Media :

Nih! 6 Keunggulan Vivo V19, Kamera Keren hingga Baterai Jumbo

By Adam Rizal, Selasa, 26 Januari 2021 | 14:00 WIB

Vivo V19

Di tahun 2020 lalu, Vivo merilis cukup banyak smartphone terbaru. Salah satunya adalah smartphone yang dianggap sebagai penerus dari legasi smartphone V17 Pro yang dirilis enam bulan sebelumnya.

Smartphone yang diberi nama Vivo V19 ini dirilis pada bulan Maret 2020 kemarin. Smartphone yang satu ini diketahui memiliki spesifikasi yang cukup fantastis di kelasnya.

Salah satu fitur yang diandalkan Vivo pada seri V19 ini adalah kamera selfie 32 megapiksel dengan fitur Super Night Selfie.

"Kadang kita ingin menginginkan hasil kamera depan yang sebaik kamera belakang. Karena itu, Vivo V19 mengusung kamera depan 32 megapiksel," ujar Ricky Bunardi, Product Manager Vivo Indonesia saat peluncurannya kala itu.

Kamera depan 32 megapiksel itu tersemat di lubang punch hole yang diklaim terkecil di industri. Dengan ukuran yang kecil, maka pengalaman menonton layar diharapkan menjadi lebih baik dengan rasio layar:bodi 91,38 persen.

Terkait fitur "Super Night Selfie" di kamera depan, fitur itu diklaim bisa mengambil foto dalam kondisi minim cahaya dengan hasil yang terang karena menggabungkan 12 foto dengan rentang pencahayaan berbeda, yang digabungkan menjadi satu.

"Kamera depan V19 menggabungkan teknologi HDR dan multi frame reduction noise," terang Ricky.

Kamera depan Vivo V19 juga dibekali dengan aneka fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pengalaman selfie, seperti AI Make Up, AR Sticker, dan Pose Master. Sementara untuk kamera belakang, terdapat empat kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera 8 megapiksel dengan lensa super wide angle, kamera makro 2 megapiksel, dan depth sensor 2MP.

Kamera belakang ini juga dibekali fitur electronic image stabilizer (EIS) yang berguna untuk meredam guncangan saat melakukan perekaman video. Smartphone Vivo V19 sendiri mendukung perekaman video resolusi 4K dengan frame rate 30 fps.

Soal spesifikasi, smartphone Vivo V19 memiliki layar berbentang 6,44 inci dengan panel Super AMOLED dan resolusi Full HD Plus. Dari segi hardware, smartphone Vivo V19 mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 675 yang dipadu dengan RAM 8 GB dan dua opsi memori internal, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Vivo V19 juga dibekali fitur Screen Touch ID, USB Type C, dan Multi-Turbo yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja saat bermain game. Dengan kapasitas baterai sebesar 4.500 mAh, smartphone Vivo V19 hadir dengan dua varian warna, yaitu Crystal White dan Arctic Blue.

Well, untuk pembahasan yang lebih lengkap tentang apa saja keunggulan dari smartphone Vivo V19, simak di bawah ini!

1. Layar Super AMOLED dengan Ultra O Screen

Smartphone Vivo V19 hadir dengan layar Super AMOLED yang mampu membuat tampilan layar terlihat lebih tajam ketimbang AMOLED biasa. Layar Super AMOLED ini juga sudah dilengkapi dengan antigores sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menempelkan tempered glass tambahan.

Adapun, keunggulan layar tipe ini membuat pantulan cahaya luar dapat direduksi dengan baik. Apalagi saat berada di luar ruang. Sehingga visualisasi layar dapat dengan mudah dilihat mata.

Vivo mengaplikasikan super AMOLED generasi terbaru terdiri dari E3 OLED, disertai tampilan gamut warna DCI-P3 100%. teknologi E2 pada V19 yang mampu menyaring 42% cahaya biru dan telah lulus uji sertifikasi TÜV Eye Comfort, serta fitur anti-flicker. Apa manfaatnya? Yang jelas membuat mata tidak cepat lelah saat menatap layar smartphone dalam waktu lama.

Vivo sendiri masih mengaplikasikan bayak aspek dari Vivo V17, ke Vivo V19 ini. Ukuran layar pun masih sama di antara keduanya, yakni 6.44 inci (91.38% screen–to–body milik Vivo V19). Juga resolusi yang diaplikasikan berada pada kemampuan Full HD 1080 x 2400 piksel. Tidak ada perubahan di sektor ini.

Fingerscan screen tetap dipertahankan Vivo dalam smartphone V19 ini. Fitur keamanan apik tersebut memang masih dapat diandalkan. Memudahkan pengguna saat mengakses mengakses layar yang terkunci. Pun kamu juga dapat memanfaatkan kamera depan untuk face scan saat membuka kunci keamanan. Memperkaya alternatif keamanan smartphone selain lewat kode kunci dan pattern.

2. Kualitas Kamera Mengagumkan

Sektor kamera sering menjadi jualan utama dari produk smartphone milik Vivo, termasuk pada seri Vivo V19. Usaha untuk meraih pasar fotografi smartphone ini bahkan sudah dapat kamu lihat pada kuantitas kameranya.

Sebagai informasi, smartphone Vivo V19 dibekali dengan total lima buah lensa kamera. Empat lensa di belakang dan satu buah lensa pada bagian depan. Fungsi tiap lensanya pun berbeda-beda, mulai dari kamera utama sampai kamera “sampingan” untuk variasi foto.

Kamera belakang Vivo V19 memiliki sebuah kamera utama 48 Megapiksel, kamera sudut lebar (wide angle) 8 MP, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Empat rentang variasi yang makin lazim ditemukan di kelas smartphone menengah atas saat ini. Dan memang sangat berguna bila kamu hendak menghasilkan ragam foto menarik.

Kamera utama Vivo V19 ialah lensa 48 MP (f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF). Sudah sangat mumpuni untuk dipakai memfoto outdoor, indoor, siang, maupun malam. Pada efek foto malam, kualitas fotonya termasuk menakjubkan meski pencahayaan terbatas.

Satu fitur menarik lainnya adalah keberadaan fill lighting pada fungsi lampu flash. Berbeda dengan mode auto atau on, yang mengaktifkan flash saat lensa mengambil foto. Fill lighting membuat flash terus menyala bagaikan senter tambahan. Sehingga kita dapat mengatur efek siluet atau bayangan yang diinginkan dari sebuah foto.

Kemampuan lensa tambahannya tidak mengecewakan. Kamera sudut lebarnya, 8 MP (f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm), mampu merangkul sudut 120 derajat. Membuat tangkapan foto jadi lebih luas. Efek lengkungnya pun tak terlalu terlihat pada bagian sisi lensa maupun hasil fotonya.

Sementara untuk dua kamera lain, yakni bokeh 2MP (f/2.4 depth), dan makro 2 MP (f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.75µm), kami pikir lebih kepada penambahan variasi saja. Hasil foto bokehnya masih memuaskan seperti biasa. Untuk fitur lensa makro pun masih dapat dinikmati. Tapi percaya deh, dua fitur lensa tersebut akan sangat-sangat jarang dipakai dalam keseharian.

Kamera depannya tak mau kalah. Bahkan dengan lensa berkapasitas 32 MP, membuat Vivo memiliki salah satu produk smartphone dengan lensa swafoto terbaik di kelasnya. Fitur bokeh dan malam masih dapat diaplikasikan pada lensa depan smartphone. Dan tentu saja AI beauty untuk membuat wajahmu terlihat makin mirip Barbie.

Keberadaan otak pintar atau artificial intelligence, seperti frame-merging, HDR, dan algoritma khusus pada kamera Vivo V19 sangat membantu proses olah foto. Hasil fotonya pun sangat kental nuansa khas Vivo. Dengan kepekatan warna yang menjadikan objek foto jadi terlihat lebih kontras.

Pada situasi cahaya yang minim, efek tersebut menjadikan foto jadi terasa sangat digitalized. Untuk foto-foto yang dihasilkan lensa kamera tambahan juga relatif sama dengan kamera utama.

Beberapa fitur yang dapat kamu temukan pada fungsi kamera Vivo V19, antara lain: Super night mode, Ultra Stable Video, Portrait bokeh, Portrait light effects, AR stickers, Pose Master, Filters , AI Makeup, Super EIS for videos, Super wide-angle (Photo+Video), Super macro, Portrait framing, AI HDR, Burst, SLO-MO, PRO Mode, Panorama, AI Scene Recognition, DOC.

Pada kamera belakang, kamu juga dapat membuat rekaman video pada rentang resolusi berbeda. Dari paling rendah di angka 720p, lalu 1080p, sampai paling tinggi di kualitas 4K. Frame rate visual juga dapat diatur di rentang 25 – 30 fps, atau 60 fps jika ingin kerapatan yang lebih baik. Pengaturan tersebut akan sangat bergantung pada kebutuhan memori smartphone.

3. Performa Oke

Vivo diketahui membekali smartphone Vivo V19 ini dengan chipset prosesor Snapdragon 675 AIE. Yap, prosesor yang sama dengan smartphone V17 Pro. Kinerja prosesor ini memang bukan yang terbaik. Meski masih mampu kok menangani kerja gaming populer semacam PUBG atau Mobile Legend.

Perhatian justru dapat dialihkan ke kapasitas memori smartphone Vivo V19. Kamu akan mendapati smartphone Vivo V19ini mendapat pasokan 8GB untuk RAM, dan 128 GB untuk penyimpanan. Ukuran tersebut relatif masih sangat besar untuk ukuran aplikasi saat ini. Akan sangat cocok bagi kamu yang awet dan tak suka gonta-ganti smartphone dalam waktu singkat.

Selain itu, sistem operasi smartphone Vivo V19 sudah menggunakan Funtouch 10 berbasis Android 10 pula. Adapun, antarmuka kreasi Vivo tersebut dirancang terasa semakin nyaman. Termasuk variasi pengaturan yang kaya, seperti Ultra Game Mode, Motorbike Mode, sampai AI Jovi dalam memperkaya informasi pemakaian.

Pada pengaturan Funtouch ini, akan didapati menu Shortcut dan Accessibility. Di dalamnya terdapat beberapa fitur seperti Smart Motion, Smart Click, Easy Touch, Face Beatuy for Video Call, maupun One Handed.

4. Baterai Berkapasitas Besar

Jangan biarkan pengalaman bermain game Anda terganggu dengan notifikasi low battery. Dengan Vivo V19, Anda dijamin dapat melakukan aktivitas yang menguras baterai dengan durasi yang lebih lama. Sebab, kapasitas baterai pada Vivo V19 terbilang tinggi, yakni sebesar 4500 mAh.

Kehadiran layar Super AMOLED yang ramah daya juga turut menyumbang pada ketahanan baterai. Adapun, Pengisian baterai sebesar itu, sangat terbantu dengan port USB type C, dengan sistem fast charging 9V/2A 18 watt. Membuat pengisian baterai dari kosong ke angka 40-60% dapat dilakukan sekitar 50 menit saja.

5. Dilengkapi Fitur Peredam Guncangan

Jika kamu bukan fotografer yang handal namun tetap ingin menghasilkan foto yang bagus, Anda dapat memanfaatkan fitur peredam guncangan pada smartphone Vivo V19. Kamu yang tangannya sulit stabil saat mengambil gambar tetap akan mendapatkan hasil foto yang tidak ngeblur.

Fitur ini juga lebih terasa saat merekam video, di mana kamu dapat merekam setiap momennya dengan stabil berkat adanya fitur Electronic Image Stabilizer (EIS) ini.

6. Menghadirkan pengalaman Gaming yang Menyenangkan

Meski lebih menonjolkan fitur kamera, terutama still images, namun Vivo juga ingin menyasar pangsa lain lewat gaming. Hal itu dapat dilihat dari penempatan beberapa fitur tambahan dalam smartphone Vivo V19, di antaranya adalah Vivo Multi-Turbo.

Vivo Multi-Turbo merupakan fitur gaming yang membantu peningkatan dalam bermain game. Peningkatan ini termasuk AI Turbo, Center Turbo, Game Turbo, Net Turbo, Cooling Turbo, dan ART ++ Turbo, yang secara efisien bekerja secara unggul dalam mengkompilasi, merespons sistem dan kinerja dalam bermain game. Adapun, smartphone Vivo V19 saat ini dibanderol di kisaran harga 3 jutaan Rupiah.

Cukup terjangkau, bukan?