Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Mengganti Background Foto Pakai Smartphone Android

By Adam Rizal, Rabu, 27 Januari 2021 | 17:00 WIB

PicsArt

Bosan dengan background foto yang monoton dan terkesan tidak kekinian?

Saat ini Anda bisa mengganti background foto dengan aplikasi-aplikasi yang tersedia di Play Store. Cukup menggunakan aplikasi, Anda sudah bisa melakukan berbagai jenis editan, salah satunya mengganti background foto dan tidak perlu harus bersusah payah menggunakan software seperti Adobe Photoshop.

Tentunya cara ini sangat membantu kepada orang-orang yang tidak memiliki keahlian dasar dari editing foto.

Simak tips Mengganti Background Foto Pakai Android

Auto Cut Paste

Salah satu aplikasi yang mudah untuk mengganti background foto di android ialah Auto Cut Paste. Aplikasi ini telah menyediakan template background foto yang siap digunakan. Selain itu, aplikasi Auto Cut Paste juga memiliki pengaturan edit manual yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi agar foto tampak nyata.

Berikut ini cara mengganti background menggunakan Auto Cut Paste.

1. Langkah pertama yaitu unduh dan pasang aplikasi Auto Photo Cut, setelah itu buka aplikasi tersebut. Kemudian ketuk pada menu Cut Photo berwarna biru, setelah itusilahkan pilih foto yang akan Anda edit. Lalu, Anda akan diberikan pilihan untuk memotong gambar tersebut. Oleh karena itu, tentukan ukuran serta dimensi sesuai keinginan.

2. Langkah berikutnya yaitu ketuk atau tap pilihan Auto untuk memulai proses penghapusan background. Lalu silahkan klik di daerah background untuk menghilangkan warnanya. Setelah itu ketuk tanda centang di kanan atas untuk melanjutkan proses cara mengganti warna background foto di Android.

3. Kemudian tentukan tingkat kehalusan gambar dengan menggeser parameter Smooth yang ada di bawah layar. Lalu, ketuk tanda centang di kanan atas dan pilih opsi Add Background untuk menambah background baru. Lalu ketuk ikon Save di kanan atas untuk menyimpan gambar yang telah diedit.

Photolayers

Selain menggunakan Auto Cut Paste, cara mengganti background foto berikutnya ialah menggunakan aplikasi Photolayers. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyunting (edit) background atau obyeknya saja.

Berikut ini cara mengganti background menggunakan Photolayers.

1. Unduh aplikasi photolayers, kemudian masuk ke aplikasi. Kemudian klik "load a background image", kemudian pilih foto yang ingin diganti.

2. Setelah itu buat cover minimalis dan tambahkan foto dengan menekan “Add photo” lalu pilih foto dan simpan.

PicsArt

Cara mengganti background foto berikutnya ialah menggunakan aplikasi PicsArt. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam proses menyunting foto. Hal ini karena PicsArt memberikan kemudahan bagi setiap pengguna saat editing.

Berikut ini cara mengganti background menggunakan PicsArt.

1. Unduh dan pasang aplikasi PicsArt, setelah terbuka lalu login atau buat akun ke layanan PicsArt.

2. Apabila Anda sudah masuk ke halaman utama, lalu pilih tombol + yang terletak di bagian bawah. Setelah itu cari background yang Anda inginkan dan pilih Add Photo pada menu bagian bawah.

3. Pilih foto yang akan diganti background-nya, kemudian tekan tombol ADD yang terletak di pojok kanan atas. Apabila Jika berhasil ditambah, lalu tap opsi Cutout dan silahkan pilih ikon orang di bagian bawah untuk proses menghapus background.

4. Perbaiki hasilnya dengan menu kuas dan penghapus, lalu simpan.

Cut Out

Salah satu aplikasi edit background foto yang cukup populer ialah Cut Out. Aplikasi ini memiliki mode otomatis atau manual untuk pemotongan foto. Sehingga Cut Out memudahkan penggunanya untuk melakukan proses edit foto.

Selain terdapat mode otomatis dan manual, aplikasi ini juga memiliki background yang siap pakai. Sehingga Anda dapat menentukan sendiri background yang akan Anda pilih.

Instasize

Ingin membuat tampilan dan nuansa foto tampak lebih menarik dan berbeda dari biasanya? Anda bisa dengan mudah melakukannya hanya dengan mengubah atau menambahkan background atau latar menggunakan aplikasi Instasize.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama-tama Anda hanya perlu memperkecil foto utama dan memposisikan ulang foto dengan cara mengetuk dan menariknya sesuai dengan yang Anda inginkan. Setelah itu, pilihlah menu yang bertanda kotak untuk menyunting background-nya.

Anda bisa mengubah background menggunakan foto lainnya yang ada di galeri smartphone Anda, ataupun dengan ratusan tema yang sudah disediakan dari aplikasi ini, mulai dari latar abstrak, latar dengan tema unik seperti makanan, alam, hingga latar bertema klasik atau retro.

Kini Anda tidak perlu lagi menggunakan Photoshop jika hanya untuk menghapus atau mengganti background foto. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!