Isu merger antara Gojek dan Tokopeia semakin menguat. Menurut sumber yang mengetahui isu ini, keduanya sedang berunding untuk menyiapkan struktur perusahaan induk. Perusahaan induk nantinya akan menaungi dua perusahaan yang akan tetap mempertahankan merek masing-masing.
Kedua pihak juga kabarnya membicarakan nasib bisnis pembayaran digital. Menurut laporan CB Insight, Tokopedia tercatat sebagai pemegang saham platform pembayaran digital Ovo, di sisi lain Gojek memiliki GoPay.
Dirangkum dari Caixing Global yang melansir Deal Street Asia, Tokopedia dan afiliasinya memegang 41 persen saham Ovo.
Menurut seorang eksekutif yang terlibat dalam diskusi merger, apabila perkawinan Gojek dan Tokopedia terwujud, Tokopedia dan afiliasinya akan menjual sahamnya di Ovo. Eksekutif tersebut enggan disebutkan namanya.
Tokopedia disebut memegang 36,1 persen saham induk Ovo, Bumi Cakrawala Perkasa. Sementara dua pendirinya, Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya memegang 5 persen saham di induk Ovo melalui PT Wahana Innovasi Lestari yang diakuisisi Grab pada Februari 2020. Grab Inc memegang 39,2 persen saham di entitas induk Ovo. Di Indonesia, Ovo dan Gopay saling bersaing untuk mendominasi pasar pembayaran digital Tanah Air.
"Mengingat Tokopedia memegang 35 persen saham di Ovo, ada kemungkinan mereka akan memutuskan untuk menjual saham dan menjatuhkan pembayaran dan layanan keuangan ke GoPay," kata analis riset CrossASEAN, Angus Mackintosh.
Dia menambahkan bahwa Gojek telah melangkah lebih jauh ke bank digital dengan memegang 22 persen saham Bank Jago. Di sisi lain, Gojek juga mendapat suntikan dana dari Facebook dan PayPal bulan Juni 2020 lalu.
Sementara itu, pesaing Gojek, Grab, mengandalkan Ovo sejak tahun 2018 karena gagal mendapat izin operasional GrabPay di Indonesia. Belum diketahui apakah Grab tertarik membeli saham Ovo yang dilepas Tokopedia apabila merger terjadi atau tidak, untuk meningkatkan operasionalnya di Indonesia dalam hal layanan pembayaran digital.
Zenon Kapron, pendiri dan direktur konsultasi dan penelitian tekfin Asia, Kapronasia, mengatakan bahwa pilihan masuk akal bagi Grab adalah menggandeng Ovo sebagai entitas terpisah, apabila nanti dilepas oleh Tokopedia.
"Indonesia adalah pasar yang kompetitif dan Grab mencari peluang apapun untuk tetap relevan di area tesebut. Tentu ini menjadi tantangan jika mereka (Grab) kehilangan OVO," kata Kapron, dihimpun KompasTekno dari Caixing Global.
InfoKomputer akan menyelenggarakan kelas online secara gratis untuk membantu meningkatkan kemampuan IT professional di Indonesia. Jika Anda tertarik, silakan daftar di sini.