Find Us On Social Media :

Cara Kerja Teknologi Pengisian Baterai Lewat Udara Mi Air Charge

By Adam Rizal, Sabtu, 30 Januari 2021 | 11:00 WIB

Mi Air Charge

Para pabrikan smartphone mulai meluncurkan inovasi pengisian baterai yang mutakhir seperti teknologi fast charging dan wireless charging. Kali ini Xiaomi memperkenalkan Mi Air Charge yaitu pengisian daya secara nirkabel.

Hebatnya, pengguna smartphone pun bisa bebas menggunakan smartphonenya sambil mengisi daya, tanpa perlu menancapkannya ke kabel atau menaruhnya di charging pad.

Xiaomi Mi Air Charger bahkan mampu menyalurkan daya ke smartphone yang dibawa penggunanya berjalan-jalan dalam ruangan.

Cara Kerja

Xiaomi menjelaskan teknologi Mi Air Charger menggunakan 114 buah antenna untuk memancarkan daya sebesar 5 watt ke perangkat secara nirkabel dalam bentuk "extremely narrow milimeter-wide wave beam".

Selain perangkat pengisi daya, smartphone yang bersangkutan juga harus dibekali dengan set antena khusus bernama "receiving antenna array" untuk menerima pancaran daya dan "beacon antenna" untuk memancarkan informasi posisi perangkat ke Mi Air Charger sebagaimana dihimpun TechCrunch.

Nantinya, Xiaomi mengharapkan Mi Air Charger bisa digunakan mengisi baterai semua perangkat di dalam rumah, seperti smartwatch atau wearable device lain, sehingga pengguna sepenuhnya terbebas dari kabel.

Sayangnya, Xiaomi Mi Air Charger belum akan tersedia dalam waktu dekat. Seorang juru bicara Xiaomi mengatakan bahwa teknologi tersebut dipastikan tidak akan dkomersialisasi pada tahun ini.