Find Us On Social Media :

Di APAC, E-Commerce Indonesia Nomor 3 Dalam Hal Jangkauan Pasar

By Liana Threestayanti, Minggu, 31 Januari 2021 | 21:30 WIB

Ilustrasi E-commerce

Di Asia Pasifik, Indonesia hanya "kalah" dari India dan Taiwan dalam hal jangkauan pasar e-commerce retail. Dan Shopee.id menjadi situs dan aplikasi retail teratas di Indonesia.

Data tersebut diungkap oleh Comscore melalui Comscore Snapshots edisi minggu terakhir Januari. Snapshots memuat statistik konsumsi layanan terkait retail di kawasan Asia Pasifik. Analisis Comscore ini mencakup Australia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Japan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Vietnam.

Data diperoleh berdasarkan pengamatan terhadap situs web dan aplikasi mobile yang menyediakan layanan retail, seperti pakaian, perangkat elektronik, perabot rumah tangga, wewangian dan kosmetik, dan peralatan olah raga/outdoor. Contohnya, Amazon and Alibaba. 

Meski e-commerce sangat lekat dengan mobile, tapi Comscore menyarankan pengiklan untuk tidak menyepelekan desktop. Comscore melihat adanya perubahan dari tahun ke tahun pada kunjungan konsumen ke situs web retail melalui perangkat desktop di semua pasar di APAC, termasuk perubahan kunjungan melalui perangkat mobile untuk Indonesia, Malaysia dan India. 

Enam dari sepuluh pasar yang diamati mengalami penurunan traffic ke situs web retail dari tahun ke tahun. Namun empat pasar lainnya justru mengalami pertumbuhan. Salah satunya adalah Australia yang mengalami peningkatan lebih dari 10% YoY. 

Sementara di Indonesia, situs web dan aplikasi retail bisa menjangkau 71,4% dari total populasi digital, dengan peningkatan 0,8%.

Hampir di semua pasar, banyak situs web berhasil menjangkau setidaknya 1% dari online consumer. Dan meski tidak banyak, ada sejumlah entitas yang bahkan bisa menjangkau lebih dari 5% konsumen online.

Pasar e-commerce Asia Pasifik terbilang sangat kompetitif, terutama di India di mana ada lebih dari 60 perusahaan "berebut" pasar yang mencapai lebih dari 1% konsumen. 

Sementara dari sisi peritelnya sendiri, Comscore melihat bahwa kategori ini di Asia Pasifik didominasi oleh situs e-commerce multi nasional yang menawarkan produk yang sangat beragam. Dari Indonesia muncul nama Shopee sebagai top retail-related web sites & apps.

Perusahaan-perusahaan besar ini berhasil meraih pasar yang besar pula. Namun, seperti dijelaskan di atas, ada kompetisi tinggi di kawasan ini. Raksasa ritel harus bertahan di posisi saat ini untuk menjaga pasarnya.