Find Us On Social Media :

Ketika “Ampun Bang Jago” Menjadi Saksi Peristiwa Kudeta di Myanmar

By Wisnu Nugroho, Selasa, 2 Februari 2021 | 11:03 WIB

Video Khing Hnin Wai yang tidak sengaja merekam peristiwa kudeta di Myanmar

Rencana Khing Hnin Wai di pagi itu sebenarnya sederhana. Wanita Myanmar ini berniat merekam video tariannya untuk diikutkan ke sebuah kompetisi. Ia pun merekam tariannya di depan gedung parlemen Myanmar.

Namun rencana sederhana itu berubah menjadi video politik yang bersejarah. Pasalnya video itu secara tidak sengaja merekam proses kudeta yang dilakukan militer Myanmar terhadap pemerintahan yang sah. Dalam video tersebut terlihat bagaimana truk dan kendaraan militer memasuki gedung parlemen untuk mengambil alih kekuasaan. 

Yang juga menarik, Khing Hnin Wai menggunakan Ampun Bang Jago sebagai lagu untuk tariannya. Bagi Anda yang belum tahu, Ampun Bang Jago adalah lagu buatan duo musisi asal Indonesia, Jonathan Dorong Pangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr). 

Lagu Ampun Bang Jago ini memang sangat terkenal di Indonesia maupun mancanegara. Video resmi mereka di Youtube sudah ditonton lebih 29 juta kali sejak dirilis September 2020 lalu. Lagu ini juga populer di TikTok yang tercermin dari telah digunakan sebanyak 2,3 juta kali, termasuk oleh tim sepakbola asal Inggris, West Ham United.

Mungkin sudah “takdir”, lagu Ampun Bang Jago sebenarnya berisi sindiran terhadap orang yang merendahkan orang lain. Seperti diungkap Tian Storm ke Detik, lagu ini merupakan bentuk ekspresi kekesalan atas cibiran yang sering dialami mereka berdua. Daripada membalas dengan sikap negatif, duo musisi ini pun menuangkannya dalam bentuk lagu yang kemudian menjadi populer.

Konteks lagu ini juga relevan dengan kejadian di Myanmar. Junta militer Myanmar yang kalah di pemilu beberapa waktu lalu, memutuskan untuk mengambil alih kekuasaan dan menangkap petinggi pemerintahan sipil yang sah. 

Video itu sendiri diunggah Khing Hnin Wai di akun Facebook-nya. Khing mengaku mendengar suara helikopter dan kendaraan berat yang menderu, namun belum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Namun Khing mengaku tidak diusik aparat kepolisian yang berada di sana, bahkan sempat mengucapkan selamat tinggal ketika pulang ke rumah.

Dalam postingan di Facebook-nya, Khing meminta video tersebut tidak digandakan ke platform lain. Untuk menghormati permintaan tersebut, kami tidak akan menampilkannya di sini. Silahkan lihat video tersebut (lengkap dengna lagu Ampun Bang Jago yang fenomenal tersebut), di akun Facebook Khing Hnin Wai.