Find Us On Social Media :

IDC Prediksikan Pasar Semikonduktor akan Terus Bertumbuh Tahun Ini

By Cakrawala, Selasa, 2 Februari 2021 | 23:45 WIB

Ilustrasi semikonduktor.

IDC hari ini mengeluarkan prediksinya akan pasar semikonduktor global untuk tahun 2021. IDC memperkirakan pasar semikonduktor global akan terus bertumbuh tahun ini melanjutkan pertumbuhan yang terjadi tahun lalu. Tingkat pertumbuhannya pun diyakini IDC akan melebihi tahun 2020. Pasalnya, vaksin COVID-19 mulai diberikan kepada penduduk dunia dan ekonomi dunia sudah mulai bergerak. Pemberian vaksin COVID-19 pun sewajarnya akan membuat roda ekonomi dunia makin berputar. Hal itu tentunya menjadi berita baik bagi industri semikonduktor di dunia.

"Sifat dari pemulihan itu akan bergantung pada seberapa cepat stimulus pemerintah menstabilkan makroekonomi global dan meningkatnya kepercayaan konsumen sejalan dengan dimulainya pemberian vaksin di berbagai belahan dunia," sebut Mario Morales (Program Vice President, Enabling Technologies and Semiconductors, IDC). "Terdapat beberapa pasar spesifik yang tetap memiliki lintasan yang menanjak dan esensial untuk pemulihan tahun ini, mencakup 5G, cloud, intelligent edge, dan industri pembuatan semikonduktor yang terdedikasi [khusus membuat semikonduktor saja]. Semester pertama tahun ini juga akan terjadi beberapa inventory digestion pada pasar perangkat enterprise, cloud, dan telekomunikasi, tetapi kami tidak memperkirakan hal itu akan membuat pertumbuhan tahun ini keluar dari jalurnya. Teknologi semikonduktor tetap menjadi hal yang sangat penting pada berbagai industri dalam perjalanan kita untuk suatu pemulihan yang berkelanjutan," tambahnya.

Pada tahun 2020 sendiri, IDC menyebutkan pasar semikonduktor global mengalami peningkatan sebesar 5,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 tersebut, pendapatan semikonduktor global mencapai US$442 miliar. Meskipun pandemi COVID-19 "meluluhlantakkan" ekonomi global pada tahun 2020, pasar semikonduktor berkembang berkat pertumbuhan pada cloud computing serta perangkat komputasi seperti PC; keduanya untuk mendukung masyarakat bekerja dan belajar dari rumah.

Cloud computing dan perangkat komputasi tentunya menggunakan semikonduktor seperti prosesor untuk menenagai dirinya. Mewajibkan maupun mendorong masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah memang ditempuh oleh banyak pemerintah di dunia sejak tahun lalu untuk menekan penyebaran COVID-19.

Sementara, untuk tahun 2021, IDC memprediksikan pasar semikonduktor global akan mengalami pertumbuhan sebesar 7,7% dibandingkan tahun 2020. IDC memperkirakan pendapatan semikonduktor global untuk tahun ini akan mencapai US$476 miliar. Adapun segmen yang diyakini akan mengalami pertumbuhan tertinggi adalah smartphone dan sistem komputasi. Smartphone diprediksikan IDC akan bertumbuh sebanyak 11,4% menjadi US$128 miliar; sedangkan sistem komputasi seperti PC dan server diperkirakan IDC akan bertumbuh sebesar 6,3% menjadi US$161 miliar. Keduanya tentu dibandingkan tahun 2020.

Sebelumnya, pada tahun 2020 lalu, kedua segmen tersebut juga yang mengalami pertumbuhan tertinggi dibandingkan tahun 2019. Namun, posisinya terbalik; segmen dengan pertumbuhan tertinggi adalah sistem komputasi yang mencapai 10,9%, lalu diikuti oleh smartphone yang sebanyak 3%.