Find Us On Social Media :

Kabar Mengejutkan: Jeff Bezos Segera Mundur dari Posisi CEO Amazon

By Wisnu Nugroho, Rabu, 3 Februari 2021 | 05:30 WIB

Jeff Bezos akan segera mundur dari posisinya sebagai CEO Amazon

Kabar mengejutkan datang dari Amazon: Jeff Bezos akan mundur dari posisi CEO Amazon pada akhir tahun ini. Posisinya akan digantikan oleh Andy Jassy yang sebelumnya memimpin Amazon Web Services. Bezos sendiri nantinya akan menjadi executive chairman di Amazon.

Bezos mendirikan Amazon pada Juli 1994. Ia memutuskan mundur dari posisi penting di salah satu firma Wall Street karena tertarik dengan booming internet kala itu. Bezos kemudian merintis penjualan online dari garasi rumahnya di Washington. Bersama sang istri, McKenzie Scott, Bezos memulai perjalanan bisnisnya dengan menjual buku secara online.

Berkat kegigihan Bezos, Amazon pun berkembang pesat. Hanya dalam tempo dua tahun, Amazon berhasil mendapatkan 1 juta pelanggan. Bermodalkan basis pengguna yang besar itu, Amazon pun berkembang menjadi toko online serba ada. 

Kesuksesan Amazon bukan cuma soal menjual produk, namun memanfaatkan teknologi untuk mencapai efisiensi yang optimal. Teknologi di balik Amazon ini pun kemudian menjadi aset berharga, yang berujung pada didirikannya anak perusahaan di bidang cloud computing, AWS. Boleh dibilang, AWS adalah pelopor konsep cloud, ketika sebuah perusahaan bisa menyewa infrastruktur TI ke pihak ketiga tanpa perlu memiliki server sendiri.

Dengan keunggulan di sisi timing dan teknologi, AWS pun menjadi pemain dominan di pasar cloud computing. Per 2020 kemarin, AWS masih menguasai pasar cloud computing dunia dengan pangsa pasar sebesar 32%. Pendapatan AWS mencapai US$2,26 miliar dan menyumbang 71% dari total keuntungan Amazon.

Hal inilah yang mungkin menjelaskan mengapa Andy Jassy ditunjuk menggantikan Bezos di tampuk pimpinan tertinggi Amazon. Amazon akan semakin mengukuhkan diri sebagai perusahaan teknologi yang “nyambi” menjual berbagai produk secara online.

Belum jelas apa rencana Bezos selanjutnya. Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Bezos praktis bisa melakukan apa saja. Di luar Amazon, Bezos juga memiliki perusahaan antariksa Blue Origin. Misi Blue Origin adalah membawa manusia kembali ke bulan dan membangun koloni di sana. 

Mungkin Bezos ingin fokus ke mimpi tersebut yang rencananya akan terwujud pada tahun 2023. Jika koloni manusia di bulan terbentuk, Bezos mungkin akan merintis penjualan online di sana.

Baca Juga: Inilah rencana Jeff Bezos ke bulan