Find Us On Social Media :

Siap Bantu Pengiklan, Adjust Gabung TikTok Marketing Partner Program

By Cakrawala, Rabu, 3 Februari 2021 | 19:45 WIB

Adjust mengumumkan telah bergabung dengan TikTok For Business Marketing Partner Program untuk membantu pengiklan di TikTok.

Adjust hari ini mengumumkan telah bergabung dengan TikTok For Business Marketing Partner Program. Dengan bergabungnya Adjust pada TikTok For Business Marketing Partner Program, pengiklan maupun pemasar di TikTok bisa meminta bantuan Adjust sehubungan kampanye iklannya di TikTok tersebut. Dengan kata lain, perusahaan di Indonesia yang ingin beriklan di TikTok bisa meminta bantuan Adjust dalam melakukannya agar mencapai hasil yang optimal.

Secara spesifik, Adjust menyebutkan siap membantu pengiklan menciptakan, mengoptimalkan, menargetkan, dan mengukur kampanye iklannya. Pasalnya, Adjust memang merupakan perusahaan yang befokus pada pengukuran seluler, termasuk video singkat pada perangkat seluler seperti smartphone yang lazim digunakan pengguna TikTok.

Sebelumnya TikTok telah meluncurkan platform TikTok For Business yang menghadirkan perkakas bagi pengiklan maupun pemasar untuk berinteraksi dengan komunitas TikTok melalui konten yang kreatif. TikTok For Business Marketing Partner Program sendiri diluncurkan belakangan dan menghadirkan berbagai mitra dengan beragam keahlian sehubungan iklan untuk membantu pengiklan dan pemasar tadi.

TikTok sendiri saat ini merupakan platfrom media sosial yang memiliki jumlah pengguna besar di dunia. Berdasarkan laporan DataReportal pada 25 Januari 2021, jumlah pengguna aktif bulanan TikTok secara global adalah sebanyak 689 juta. Tak hanya itu, TikTok pun telah menjadi platform media sosial terbesar ke-7 di dunia. Khusus di Indonesia, menurut eMarketer, pada Agustus 2020, jumlah pengguna TikTok yang setidaknya mengakses akun TikTok-nya sekali dalam sebulan, diperkirakan sebesar 22,2 juta.

"Menemukan dan mempertahankan pengguna yang tepat sangat penting karena banyak pengguna berhenti menggunakan aplikasi dalam beberapa hari pertama setelah instalasi dan persaingan untuk mendapatkan perhatian pengguna sangat ketat. Oleh karena itu, pengiklan seluler perlu menyampaikan pesan yang tepat kepada audience yang tepat di saat yang tepat dalam tahap pemasaran," ujar Andrey Kazakov (VP Partnerships Adjust). "Kami merasa senang dapat bermitra dengan TikTok agar dapat memberi pemasar cara yang lebih sederhana, mudah untuk melakukan segmentasi audience yang diharapkan, melakukan otomatisasi kampanye, menghitung belanja iklan dan meningkatkan pertumbuhan aplikasi," imbuhnya.

Adjust menambahkan pula, pengiklan maupun pemasar di TikTok yang bekerja sama dengan Adjust bisa secara langsung mengekspor data pihak pertama, seperti audience group, dari TikTok ke dashboard Adjust. Selanjutnya, dengan data tersebut, dapat dijalankan kampanye yang dipersonalisasi untuk meningkatkan pelibatan dan loyalitas pengguna, sembari melindungi privasi data pengguna. Pengiklan maupun pemasar juga bisa menghubungkan akun TikTok-nya untuk melihat dan menyunting data kampanye TikTok secara langsung melalui dashboard Adjust Automate.