Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Switch Baru, Keluarga Switch PCI Express 5.0

By Cakrawala, Kamis, 4 Februari 2021 | 23:15 WIB

Microchip Switchtec PFX PCIe 5.0.

Microchip belum lama ini mengumumkan mengenai keluarga switch baru, keluarga switch PCI Express 5.0. Disebut dengan keluarga Switchtec PFX PCIe 5.0, Microchip mengklaim solusinya itu sebagai solusi switch PCI Express 5.0 pertama di dunia. Sebagai antarmuka yang lazim pada perangkat komputasi, PCI Express yang umum digunakan saat ini pada server maupun PC adalah PCI Express 3.0/3.1 dan PCI Express 4.0. Namun, spesifikasi final PCI Express 5.0 sebenarnya sudah diumumkan oleh PCI-SIG yang mengurusai hal tersebut pada tahun 2019. Dengan akan tersedianya switch PCI Express 5.0 di pasar, adopsi PCI Express 5.0 tentunya makin dimudahkan. Meskipun begitu, adopsi PCI Express 5.0 kelihatannya baru mulai ramai setelah prosesor Intel dan/atau AMD mengimplementasikannya, seperti Intel Xeon dengan codename Sapphire Rapids yang direncanakan hadir tahun ini.

Sekadar informasi, switch PCI Express adalah perangkat yang bisa "memperbanyak" lajur PCI Express. Misalnya 16 lajur PCI Express dari prosesor bisa dibuat oleh suatu switch PCI Express menjadi seperti 32 lajur. Namun, bandwidth total yang tersedia ke prosesor adalah tetap. Switch PCI Express ini biasanya digunakan pada sistem yang menyediakan banyak slot PCI Express sehingga membutuhkan banyak lajur PCI Express untuk dibagi. Misalnya pada server yang mendukung banyak perangkat seperti kartu tambahan yang menggunakan antarmuka PCI Express.

Sebelumnya, Microchip sudah pula mengumumkan retimer PCI Express 5.0 pada November 2020. Retimer PCI Express 5.0 yang disebut XpressConnect ini bisa memperpanjang jarak yang mampu ditempuh sinyal PCI Express 5.0. Seperti PCI Express 4.0 yang InfoKomputer bahas di sini yang menggandakan bandwidth dibandingkan generasi sebelumya, PCI Express 5.0 juga menggandakan bandwidth yang ditawarkan dibandingkan PCI Express 4.0. Sayangnya, penambahan bandwidth tersebut juga membuat jarak yang bisa ditempuh sinyal PCI Express 5.0 menjadi berkurang. Retimer PCI Express 5.0 ditujukan untuk mengatasi hal itu. Dengan Switchtec PFX PCIe 5.0 dan XpressConnect, Microchip mengklaim sebagai satu-satunya di industri yang menyediakan produk switch PCI Express 5.0 dan retimer PCI Express 5.0. Microchip pun menegaskan bahwa interoperabilitasnya sudah terbukti.

"Para akselerator, graphic processing unit (GPU), central processing unit (CPU), dan adaptor jaringan berkecepatan tinggi terus-menerus mendorong kebutuhan akan infrastruktur PCI Express dengan kinerja yang lebih tinggi. Pengenalan Microchip akan switch PCI Express 5.0 pertama di dunia menggandakan laju sambungan interkoneksi PCI Express Gen 4 ke 32 GT/s untuk mendukung aneka platform machine learning generasi berikutnya yang paling menuntut," ujar Andrew Dieckmann (Associate Vice President of Marketing and Applications Engineering, Data Center Solutions Business Unit, Microchip). "Bersama dengan keluarga retimer PCI Express 5.0 dan Compute Express Link (CXL) 1.1/2.0 XpressConnect kami, Microchip menawarkan portofolio solusi infrastruktur PCI Express 5.0 paling luas di industri dengan latensi paling rendah dan interoperabilitas ujung ke ujung," tambahnya.

Keluarga Microchip Switchtec PFX PCIe 5.0 sendiri terdiri dari switch yang mendukung mulai dari 28 lajur PCI Express 5.0 sampai 100 lajur PCI Express 5.0. Keluarga Microchip Switchtec PFX PCIe 5.0 saat ini sedang dicoba oleh konsumen tertentu. Microchip tidak menyebutkan rencana ketersediaanya secara massal di pasar.