Find Us On Social Media :

Cara TikTok Cegah Video Hoaks, Kasih Label hingga Hapus Konten

By Adam Rizal, Jumat, 5 Februari 2021 | 09:00 WIB

TikTok

TikTok bakal menampilkan label peringatan untuk video yang memuat informasi meragukan dan tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Label tersebut berbunyi, "Perhatian: Video ditandai untuk konten yang tidak diverifikasi."

Namun, label pemeriksa fakta itu tidak bisa menjadi jaminan bahwa konten tersebut benar atau salah. Jadi, konten itu akan tetap ada walaupun kebenarannya belum bisa dibuktikan.

TikTok juga telah mengurangi penyebaran video yang tidak terverifikasi dan menandai kreator kontennya. TikTok juga akan mengurangi distribusi kontennya jika informasi konten benar-benar meragukan.

Selain menandai kreator konten, TikTok juga memberi peringatan ke para penonton video. Bagi mereka yang ingin membagikan kembali video (repost), maka TikTok akan memunculkan label "yakin ingin membagikan video ini?"

Meski mendapatkan label peringatan, pengguna tetap bisa membagikan video tersebut. Tentunya, label itu akan membuat orang berpikir dua kali sebelum menindaklanjuti aktivitas repost-nya.

TikTok sendiri tidak mengatakan berapa banyak video yang diperiksa faktanya setiap hari seperti dikutip The Verge.

Juru Bicara TikTok mengatakan bahwa pemeriksaan fakta fokusk pada topik-topik khusus seperti pemilihan umum, vaksin, hingga perubahan iklim. Video yang ditinjau juga tidak mesti mendapatkan jumlah viewer tertentu sebagai syarat peninjauan.

Namun, TikTok tetap menerapkan apabila videonya melanggar kebijakan misinformasi, maka konten tersebut akan langsung dihapus.