Find Us On Social Media :

Apa Jadinya Jika Samsung Galaxy S21 Direndam di dalam Akuarium?

By Adam Rizal, Kamis, 11 Februari 2021 | 12:00 WIB

Samsung Galaxy S21

Sudah menjadi standar smartphone flagship untuk memiliki sertifikasi IP68. Tak terkecuali, Samsung Galaxy S21 yang mampu bertahan pada kedalaman air 1,5 meter dalam kurun waktu sampai 30 menit.

Namun apa jadinya jika Galaxy S21 dinyalakan di dalam air selama 12 hari berturut-turut?

Kanal YouTube bernama Photo Owl Time Lapse menguji kemampuan tahan air (water resistance) Galaxy S21. Caranya, smartphone flagship kebanggaan Samsung itu ditaruh di dalam akuarium berisi air.

Samsung Galaxy S21 direndam dalam keadaaan menyala dan hanya menjalankan aplikasi Stopwatch untuk menghitung seberapa lama Galaxy S21 dapat bertahan di dalam air.

Hingga Rabu (10/2/2021), Samsung Galaxy S21 telah bertahan di dalam air selama 12 hari berturut-turut. Photo Owl Time Lapse juga turut mencatat perkembangan yang terjadi selama 12 hari terakhir.

Aplikasi Stopwatch yang dimiliki Galaxy S21 hanya bisa menghitung waktu hingga 99 jam 59 menit 59 detik saja. Karena itu, Photo Owl Time harus mengatur ulang aplikasi Stopwatch dari nol secara berkala. Hal ini telah terjadi selama dua kali.

Pada 117 jam dan 53 menit pertama, Galaxy S21 sempat memunculkan notifikasi "Moisture detected" yang menunjukkan adanya rembesan air. Masih dalam waktu yang sama, layar Galaxy S21 dilaporkan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Layar smartphone tidak dapat mendeteksi perintah dan bergerak-gerak tanpa terkendali. Namun setelah menekan beberapa tombol, Galaxy S21 kembali berfungsi dengan normal meski notifikasi "Moisture detected" masih tetap muncul, sebagaimana dihimpun kanal YouTube Photo Owl Time.

Kemudian memasuki waktu 241 jam dan 10 menit, Photo Owl Time kembali mencoba kinerja speaker smarphone. Ia mencoba memutar musik pada Galaxy S21, tetapi suara yang dihasilkan terbilang buruk, sangat kecil, dan hampir tidak terdengar dengan jelas.