Find Us On Social Media :

Begini Cara Cerdas Investasi Bitcoin Supaya Untung, Bukan Rugi

By Adam Rizal, Kamis, 11 Februari 2021 | 15:00 WIB

Bitcoin dituding sebagai penyebab kota-kota di Iran gelap gulita

Saat ini Bitcoin menjadi salah satu investasi yang sangat menggiurkan, mengingat nilainya terus melesat lebih dari 300 persen pada 2020. Bahkan, Elon Musk (CEO Tesla dan SpaceX) pun memborong Bitcoin.

Sebagai perbandingan, harga Bitcoin berada di kisaran US$9.545,08 pada awal 2020, lalu sempat turun pada Maret 2020 dan terus melesat hingga mencapai US$28.768 pada penutupan 2020.

Kini, harga Bitcoin melesat ke level US$46.293 pada 10 Februari setelah sempat mencapai titik tertinggi di angka US$47.458 usai pengumuman dari produsen mobil listrik Tesla yang siap menerima pembayaran dengan koin digital tesebut untuk produknya.

Tak heran, banyak masyarakat, khususnya kaum milenial, yang tertarik memilih Bitcoin sebagai instrumen investasi. Anda yang ingin memulai investasi Bitcoin, perhatikan lima hal ini supaya bisa meraup keuntungan dari investasi tersebut, seperti dikutip dari Cryptocurrency.id:

Pertama, lakukan riset mengenai Bitcoin, cara kerjanya, sampai keuntungan atau risiko yang ada di aset tersebut. Bitcoin dan cryptocurrency memang memberikan peluang investasi cemerlang tetapi juga berisiko.

Kedua, investasikan uang yang memang siap dihilangkan dan bukan yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena harga Bitcoin sangat fluktuatif dan risiko cukup besar sehingga dengan menggunakan uang siap hilang akan membantu mengontrol emosi saat mengalami kerugian.

Ketiga, pelajari cara mendapatkan Bitcoin, dari cara menjual dan membeli Bitcoin, serta pilih platform termudah dan teraman untuk mulai membelinya. Beberapa platform bisa dipilih seperti Pintu, Indodax, Rekeningku.co, Triv.co, Upbit, Zipmex, dan Tokocrypto.

Keempat, mulailah investasi secara perlahan dengan jumlah kecil dan lihat bagaimana hasilnya sebelum meningkatkan investasi.

Kelima, diversifikasi investasi secara efektif. Selain Bitcoin, ada komponen lain dalam uang kripto yang bisa diinvestasikan, seperti Litecoin, Ether, Bitcoin Cash, dan Ripple. Dengan diversifikasi, ketika salah satu aset merugi masih ada aset lain yang bertahan.