Find Us On Social Media :

Susul Tesla, Mastercard Jadikan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

By Adam Rizal, Sabtu, 13 Februari 2021 | 11:00 WIB

Bitcoin dituding sebagai penyebab kota-kota di Iran gelap gulita

Saat ini perusahaan raksasa mulai mengakomodir transaksi jual beli dengan Bitcoin. Tesla dan PayPal bakal menggunakan aset kripto atau cryptocurrency Bitcoin dalam transaksinya.

Kini Mastercard juga akan mendukung penggunaan beberapa jenis aset kripto dalam jaringannya pada tahun ini.

“Filosofi kami terhadap cryptocurrency sangat lah jelas, ini tentang sebuah pilihan,” ujar Executive Vice President Mastercard, Raj Dhamodharan seperti dikutip CNN.

“MasterCard bukan berkeinginan untuk merekomendasikan Anda untuk menggunakan cryptocurrency. Tapi kami di sini hadir untuk mengakomodasi pelanggan, merchant, dan pelaku usaha, baik secara tradisional atau kripto,” tambahnya.

Rencananya penggunaan aset kripto akan dilakukan dengan cara penyesuaian nilai aset kripto terhadap mata uang tradisional melalui sistem Mastercard ketika pengguna melakukan transaksi pembelian.

Langkah itu dinilai menjadi salah satu pencapaian bersejarah bagi Mastercard maupun aset kripto karena Mastercard diproyeksi akan menjadi platform dengan pasar terbesar yang menerima aset kripto sebagai alat pembayaran sah.

Meskipun rencana tersebut masih belum terealisasi, namun ternyata sejumlah pengguna telah menggunakan Mastercard untuk melakukan pembelian aset kripto.

“Khususnya ketika harga (aset kripto) sedang meningkat,” tulis manajemen Mastercard.

Mastercard menentukan bahwa tidak semua mata uang kripto akan didukung di jaringannya, sebab masih banyak aset digital yang beredar masih perlu memperketat langkah-langkah kepatuhannya.